Sukses

Bikers Wajib Perhatikan Hal Ini Saat Berkendara di Era New Normal

Siap memasuki era New Normal, masyarakat akan kembali beraktivitas dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Terdapat beberapa perubahan, pengguna sepeda motor harus membiasakan diri dengan hal-hal baru saat berkendara.

Liputan6.com, Jakarta Siap memasuki era New Normal, masyarakat akan kembali beraktivitas dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Terdapat beberapa perubahan, pengguna sepeda motor harus membiasakan diri dengan hal-hal baru saat berkendara.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan oleh bikers di era New Normal tak hanya saat berkendara namun juga sebelum dan sesudah berkendara.

Sebelum berkendara, bikers sebaiknya melakukan pengecekan suhu tubuh untuk memastikan kondisi tubuh sehat. Jika suhu tubuh menunjukkan 37,3 derajat atau lebih, sebaiknya tidak beraktivitas di luar rumah.

Periksalah kondisi sepeda motor sebelum berkendara. Cek kebocoran oli, tekanan ban, sistem pengereman, kopling dan lampu.

“Selain mengecek kondisi motor, persiapkan riding gear sesuai standar berkendara seperti helm, sarung tangan dan jaket berkendara. Para bikers sebaiknya membawa masker cadangan untuk antisipasi apabila masker kotor atau basah saat berkendara,” ujar Johannes Lucky, Manager Safety Riding AHM.

Selain itu, bikers juga perlu memperhatikan riding gear yang digunakan. Hindari penggunaan helm secara bergantian dan selalu gunakan visor saat berkendara.

Bikers yang berkendara menggunakan Buff sebaiknya tetap menggunakan masker agar kemampuan penyaringan partikel berbahaya dapat bekerja lebih baik.

Gunakan sarung tangan yang menutupi seluruh bagian tangan (full cover). Bila hanya memiliki satu sarung tangan, selalu terapkan cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan komponen ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Utamakan Keselamatan

Pada saat berkendara, selalu utamakan keselamatan. Hindari berkendara melintasi wilayah-wilayah yang merupakan pusat pandemi atau teridentifikasi sebagai zona merah, dengan mencari jalur alternatif.

“Usahakan saat berkendara, tetap cari aman, menjaga jarak dengan pengendara lainnya, serta hanya berboncengan dengan keluarga atau kerabat yang tinggal bersama dalam satu rumah,” lanjut Lucky.

Setelah sampai tujuan, bikers wajib mencuci tangan dan mencuci wajah dengan sabun. Saat tiba di rumah, segeralah mandi sebelum kontak fisik dengan keluarga. Riding gear yang telah digunakan dapat disimpan di bagasi motor atau sediakan tas tersendiri.

 

3 dari 3 halaman

Utamakan Keselamatan

“Bila memungkinkan, lakukan penyemprotan disinfektan ke riding gear yang telah digunakan dan sarungkan motor dengan kain pelindung saat tidak digunakan agar tidak terpapar udara secara langsung,” lanjut Lucky.

Jaket berkendara dan sarung tangan yang telah digunakan sebaiknya langsung dicuci atau disemprot disinfektan.

“Keselamatan dan kesehatan bikers menjadi kunci utama untuk dapat beraktivitas dengan produktif di era New Normal ini,” tutup Lucky.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.