Sukses

Penjualan Mobil di Indonesia Terjun 95 Persen Selama Bulan Mei

Kembali mengalami penurunan, penjualan mobil secara retail di Indonesia hanya mencapai 17.083 unit di bulan Mei 2020 berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Liputan6.com, Jakarta - Kembali mengalami penurunan, penjualan mobil secara retail di Indonesia hanya mencapai 17.083 unit di bulan Mei 2020 berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu, angka yang berhasil diperoleh mengalami penurunan hingga 81,8 persen. Tercatat penjualan Mei 2019 berhasil menyentuh angka 93.881 unit.

Hal tersebut tak terlepas dari pandemi Corona Covid-19 yang mengharuskan masyarakat tetap berada di rumah. Tak hanya itu, beberapa kebijakan pencegahan juga membuat aktivitas dealer tak lagi maksimal.

Khusus penjualan wholesale (pabrik ke dealer), angka penjualan yang berhasil ditorehkan mengalami penurunan hingga 95 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Tercatat distribusi kendaraan ke dealer di bulan Mei hanya menyentuh 3.551 unit selama Mei 2020. Sedangkan periode yang sama tahun lalu berhasil mengukuhkan angka penjualan hingga 84.109.

Penghentian produksi kendaraan yang dilakukan beberapa pabrikan otomotif di Indonesia saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) menjadi penyebab utamanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target Penjualan

Beberapa merek otomotif bahkan tak mengirimkan kendaraan ke dealer selama bulan Mei, karena pabrik tak melakukan produksi untuk pasar domestik.

Sebelumnya, Gaikindo telah mengoreksi target penjualan sepanjang tahun 2020 menjadi 600 ribu kendaraan.

Angka tersebut turun 40 persen dibanding target awal penjualan kendaraan bermotor roda empat yang mencapai 1,1 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.