Kenali Penyebab Rem Tangan Macet dan Cara Mengatasinya

Oleh Sigit Tri Santoso pada 14 Jun 2020, 19:15 WIB
Diperbarui 14 Jun 2020, 19:15 WIB
Rem Tangan
Perbesar
Rem tangan berfungsi agar mobil tidak bergerak saat parkir. (Sigit TS/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Mesin bermasalah tidak seberapa menyebalkan bahkan sebahaya ketika rem tidak berkerja sebagaimana mestinya. Rem berguna untuk mengurangi kecepatan laju atau membuat mobil diam saat parkir. Rem menjaga keselamatan berkendara.

Ada beberapa macam rem. Salah satunya adalah rem parkir (parking brake). Namun kita lebih mengenalnya sebagai rem tangan. Karena rem parkir awalnya dioperasikan melalui tuas rem yang digerakan tangan yang ada di kabin. Sekarang ada rem parkir yang tidak melalui tuas lagi cara pengoperasiannya. Ada yang sistem tombol (secara elektrik) ataupun sistem injak pedal (biasanya pada mobil bertransmisi otomatis).

Seperti namanya, rem parkir digunakan saat mobil terparkir. Biar tidak bisa bergerak atau digerakan orang lain. Sekali lagi, fungsi utamanya untuk keselamatan bersama.

Seiring penggunaan, kadang akan timbul beberapa permasalahan pada rem tangan. Melansir situs Daihatsu Indonesia, setidaknya ada 4 masalah yang sering muncul.

 

 

2 dari 5 halaman

Rem Tangan Macet Atau Tak Bisa Dioperasikan

Ada kalanya rem tersebut mengalami gangguan seperti macet. Berikut ini ada sejumlah penyebab rem tangan mobil macet, di antaranya adalah:

1. Terlalu Kuat Menarik Tuas Rem Tangan

Terlalu kuat menarik tuas rem tangan melebihi ambang batas gerigi di dalamnya menjadi penyebab pertama. Jika menariknya dengan perlahan, maka hal semacam ini tidak akan terjadi. 

2. Tuas Rem Tidak Bisa Dikembalikan Setelah Ditarik

Jika pengendara mobil tidak paham mekanisme kerjanya, maka tentu akan membuat panik siapa saja. Oleh sebab itu wajib sekali mengenali penyebab dari rem tangan mobil yang macet tersebut.

 

3 dari 5 halaman

3. Penggunaan Rrem Tangan dalam Jangka Waktu Lama

Menggunakan rem tangan dalam jangka waktu yang lama sangat tidak disarankan. Apalagi jika lokasi mobil parkir terdapat genangan air atau bisa juga banjir. Kondisi tersebut bisa berdampak karat yang akan lengket pada rem dan sulit untuk dilepaskan.

4. Tidak Bisa Membedakan Rem Tangan Transmisi Manual Maupun Otomatis

Kendaraan roda empat seperti mobil memiliki dua jenis transmisi yaitu manual dan juga otomatis. Keduanya memiliki cara menggunakan rem tangan yang berbeda-beda. Penyebab rem tangan mobil macet tersebut bisa dikarenakan pengendara tidak dapat membedakan kedua transmisi tersebut, sehingga sering salah menggunakannya dan berakibat pada rem tangan yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

4 dari 5 halaman

Cara Atasi Rem Tangan Macet

Bila kita sudah bisa mengindikasikan penyebab rem tangan macet, upaya mengatasinya pun bisa dilakukan.

1. Perlahan Menarik Rem Tangan

Jika penyebab pertama rem tangan sering macet dikarenakan pengendara terlalu kuat dalam menarik rem tersebut, maka solusinya ke depannya pengoperasian harus dilakukan perlahan. Jangan terlalu kuat dalam menarik rem tangan tersebut, sehingga rem tangan mobil tidak akan macet.

2. Mengembalikan Tuas Rem Tangan yang Tidak Bisa Ditarik

Untuk mengembalikan tuas rem tangan yang tidak bisa ditarik adalah dengan menggunakan tenaga ekstra. Kita harus mengangkat tuas rem dengan sangat kuat dan cepat menurunkan tuas rem tersebut. Dengan cara ini tentu rem tangan akan kembali normal seperti sedia kala.

3. Tidak Menggunakan Rem Tangan dalam Waktu yang Lama

Apabila di kondisi atau medan tertentu seperti jalan yang tergenang air karena banjir, maka tidak disarankan untuk menggunakan rem tangan dalam waktu yang lama. 

4. Harus Memahami Rem Tangan Manual dan OtomatisT

Mobil bertransmisi manual, menggunakan rem tangan yang mengandalkan tuas untuk pengoperasiannya. Sedangkan pada transmisi otomatis sudah banyak menggunakan rem pedal yang pengopersiannya diinjak, begitu pula melepasnya.

5 dari 5 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓