Sukses

Kemenperin Apresiasi Produsen Gerobak Listrik

Produksi Gelis ini menunjukkan wujud nyata partisipasi pengembangan kendaraan listrik oleh pelaku usaha

Liputan6.com, Jakarta - Berhasil merealisasikan komitmennya untuk memproduksi kendaraan bermotor ramah lingkungan, PT Solar Panel Indonesia (SPI) mendapatkan apresiasi dari Kementerian perindustrian (Kemenperin).

Pelaku industri Tanah Air ini berhasil menciptakan gerobak listrik (Gelis), meskipun menghadapi tekanan berat akibat pandemi Covid-19.

"Produksi Gelis ini menunjukkan wujud nyata partisipasi pengembangan kendaraan listrik oleh pelaku usaha," ujar Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika pada acara Soft Opening Pabrik Gelis di Jakarta, Selasa (9/6).

Lanjut Putu, kehadiran Gelis ini memberikan pilihan lebih luas kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan kendaraan untuk mendukung kegiatan yang produktif dengan lebih efisien dan ramah lingkungan.

"Selain itu dapat mendukung pengembangan industri kendaraan roda tiga serta industri komponen dan kegiatan usaha yang terkait," tambahnya.

Berkaca pada pengembangan bisnis kendaraan sebelumnya, yaitu AMMDes yang banyak berkolaboraasi dengan berbagai pihak, Kemenperin juga siap memfasilitasi Gelis.

Nantinya, kerjasama ini untuk mengembangkan bisnis model, dan pengembangan ekosistem pemanfaatan Gelis dalam mendukung kegiatan usaha masyarakat yang produktif dan kreatif.

"Kami pun berharap PT SPI dapat terus berperan aktif dalam peningkatan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sehingga akan memberikan sumbangsih pada peningkatan daya saing industri otomotif di Indonesia ke level selanjutnya,” imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemasaran dan Layanan Purna Jual

Kemenperin juga telah menjalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan marketplace (e-commerce), mulai industri modifikator kendaraan, komponen, spare parts after sales sampai jasa reparasi dan komponen kapal.

Disarankan juga, penjualan Gelis bekerjasama dengan perusahaan marketplace, yang juga menyediakan leasing, dan juga membuat e-katalog.

Sementara itu, Chief Marketing Officer PT SPI, Ary Tjahyono menyatakan pihaknya telah menyiapkan perangkat-perangkat pendukung untuk efektivitas penggunaan Gelis. Salah satunya adalah jaringan pemasaran dan layanan purnajual.

“Kami telah bekerjasama dengan perusahaan aplikasi berbasis online yang telah familiar di tengah masyarakat untuk menunjang efektivitas Gelis. Lewat aplikasi ini konsumen dan calon konsumen bisa mengetahui segala hal tentang Gelis melalui telepon selular,” ungkap Ary.

Pada tahap awal, PT SPI mampu memproduksi 10 unit per hari di pabrik di kawasan Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. Kapasitas produksi ini akan terus dikembangkan seiring bertumbuhnya jumlah permintaan pasar.

Beberapa komponen pembuatan Gelis yang telah diproduksi di dalam negeri, seperti baterai, sasis, bodi, serta beberapa perangkat kendali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kemenperin atau Kementerian Perindustrian adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan perindustrian.

    kemenperin

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik

  • Gelis

Video Terkini