Buat Pecinta Motor, Kereta Jenazah Harley-Davidson Bisa Mengantar ke Tempat Peristirahatan Terakhir

Oleh Arief Aszhari pada 08 Jun 2020, 06:10 WIB
Diperbarui 08 Jun 2020, 06:10 WIB
Harley Davidson Ini Diubah Menjadi Kereta Jenazah (Autoevolution)
Perbesar
Harley Davidson Ini Diubah Menjadi Kereta Jenazah (Autoevolution)

Liputan6.com, Jakarta - Motor gede (moge) Harley-Davidson sepertinya menjadi salah satu kendaraan impian bagi setiap anak motor. Merelakan uang yang tidak sedikit, menjadi tidak masalah bagi seseorang agar bisa memiliki dan mengendarai roda dua ikonik asal Amerika Serikat.

Mungkin, dengan alasan tersebutlah, sebuah layanan pemakaman, Ron Roach di Mount Greenwood, Chicago, Amerika Serikat membuat sebuah kereta jenazah menggunakan Harley-Davidson.

Melansir Autoevolution, gagasan ini muncul hampir 17 tahun yang lalu, dan sudah dijalankan selama 15 tahun yang mungkin menjadikan bisnisnya tersebut salah satu yang tertua di dunia.

Ide mengubah Harley Davidson menjadi mobil jenazah, datang ketika sang pemilik dan teman-temanya menghadiri pemakaman sesama pengendara motor. Mediang anak motor tersebut, hanya dibawa menggunakan Cadillac biasa.

Kemudian, Ron yang juga anggota klub motor lokal berpikir, bagaimanan menciptakan sesuatu yang membuat perjalanan terakhir siapa pun menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi pelayat.

Kemudian, ia membuat Harley-Davidson yang ditambahkan trailer layaknya sespan, dengan dua roda di belakang. Sekilas, Harley Davidson ini tampak seperti model Tri Glide Ultra. Tapi, dua ban tambahan tersebut bisa dilepas dan digunakan kembali seperti motor biasa.

2 dari 3 halaman

Harga sewa

Pengerjaan Harley Davidson sebagai kereta jenazah ini, membutuhkan waktu empat hari.

Selain itu, saat mengantarkan jenazah dengan kendaraan tersebut, biasanya ia menggunakan seragam seperti kemeja putih dan jas hitam agar menghormati rasa berkabung dari keluarga jenazah. Tidak hanya itu, Ron juga mengelola upacara pemakaman dari awal hingga akhir.

Menyoal harga sewa, Ron mengatakan layanan ini tidak mencari keuntungan semata. Untuk biaya sewa pengantaran jenazah dengan Harley Davidson ini, dibanderol US$700 atau setara dengan Rp9 jutaan yang mencakup seluruh negara bagian Amerika Serikat.

Sekali lagi, tujuan Ron membuat layanan antar jenazah menggunakan Harley Davidson ini, untuk memberikan penghormatan terakhir bagi pecinta motor, untuk berisitrahat dengan damai.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓