Sukses

Ban Bekas Bridgestone Jadi Material Pembuatan Sepatu Baru

Ban bekas bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, salah satunya dijadikan material pembuatan sepatu baru.

Liputan6.com, Jakarta - Ban bekas bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, salah satunya dijadikan material pembuatan sepatu baru. Ini coba diwujudakan PT Bridgestone Tire Indonesia bersama organisasi nirlaba global, Soles4Souls Asia. Kerjasama ini berlangsung selama dua tahun hingga 2022. 

Kerjasama yang bertepatan dengan perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni ini sebagai pengingat bagi dunia untuk mengatasi masalah lingkungan hidup yang mendesak dan bekerja sama untuk menuju masyarakat sejahtera.

Bridgestone Indonesia dan Soles4Souls Asia akan bekerja dengan mitra untuk memproduksi sepatu yang akan didistribusikan kepada orang-orang yang membutuhkan di seluruh dunia dan dijual melalui berbagai outlet. Tujuannya adalah mengubah 40 ribu ban bekas menjadi 400 ribu pasang sepatu pada akhir 2022.

Kerja sama ini akan memberikan ban-ban Bridgestone tersebut menjadi sol untuk sepatu, sekaligus membantu mendorong ke arah ekonomi berkelanjutan dengan menghilangkan limbah melalui pemanfaatan sumber daya secara berkesinambungan.

Selain itu, Bridgestone Indonesia turut menyumbangkan uang US$ 60.000 untuk membantu Soles4Souls Asia dalam upaya global mereka memperluas proyek ini.

Mukiat Sutikno, Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia, menjelaskan pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia, kami senang dapat mengumumkan kolaborasi dengan Soles4Souls Asia yang lahir dari visi sama untuk memajukan masyarakat ramah lingkungan dengan mendukung ekonomi berkelanjutan. Ini suatu nilai yang didasari komitmen CSR Global Bridgestone, 'Our Way to Serve'.

"Kami berharap inisiatif ini dapat berkontribusi dalam mengurangi limbah ban dan jejak karbon kami, sambil membantu masyarakat yang membutuhkan," kata Mukiat dalam rilisnya, Jumat (5/6/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bermitra PT Indosole, Pabrik Sepatu Indonesia

Buddy Teaster, Presiden dan CEO Soles4Souls Asia, menambahkan sejak awal kerja sama ini Bridgestone Indonesia berkomitmen menemukan cara berkelanjutan untuk menggunakan produk mereka dan dapat melakukan yang terbaik dengan produk-produknya.

“Kami sangat beruntung bisa bekerja sama dengan Bridgestone Indonesia yang sama-sama memiliki cita-cita untuk membantu lingkungan dan menjadi mitra yang sepemikiran untuk membuat dan menempatkan sepatu di kaki orang-orang yang paling membutuhkan,” ujarnya.

Untuk memulai kemitraan ini, Bridgestone Indonesia dan Soles4Souls Asia bekerja dengan Indosole, merek sepatu dan perusahaan bersertifikat B yang akan memproduksi sepatu di pabrik mereka di Indonesia dan menjualnya di toko-toko di seluruh dunia secara online.

Setiap pasang sepatu yang dijual oleh Indosole, sebagian hasilnya akan disumbangkan kembali ke Soles4Souls Asia untuk memajukan upaya mendistribusikan sepatu baru kepada orang-orang yang membutuhkan di seluruh Asia.

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini