Sukses

Ini Panduan Memilih Tingkat Kegelapan Kaca Film Mobil

Tak hanya mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke dalam kabin, penggunaan kaca film juga dipercaya mampu memberikan perlindungan dari tindakan krimal.

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke dalam kabin, penggunaan kaca film juga dipercaya mampu memberikan perlindungan dari tindakan krimal. Karena itu, bagi anda yang baru memiliki mobil ada baiknya menggunakan komponen ini.

Meski demikian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak memasang kaca film, salah satunya tingkat kegelapan kaca.

Tak boleh sembarangan, berikut panduan memilih tingkat kegelapan yang tepat pada kaca depan, samping dan belakang seperti dilansir Suzuki Indonesia, Jumat (5/6/2020).

Kaca Depan

Untuk urusan keselamatan, kaca depan mobil sebaiknya hanya menggunakan tingkat kegelapan 20 persen. Namun jika 20 persen masih terlalu terang, Anda bisa meningkatkan kegelapan kaca film mobil maksimal hingga 40 persen.

Jangan meningkatkan kegelapan kaca film lebih dari 40 persen. Hal ini berkaitan dengan keselamatan berkendara, terlebih saat cuaca hujan dan kondisi jalan gelap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kaca Samping Kanan Kiri

Usahakan menggunakan kaca film untuk bagian kanan dan kiri dengan tingkat kegelapan setengah tingkat dari kaca depan.

Apabila kaca depan memiliki tingkat kegelapan 20 persen, maka pemilik cukup memasang bagian ini dengan tingkat kegelapan 10 persen.

Kaca Belakang Mobil

Jika bagian tengah kabin dilengkapi dengan spion rayben mode, maka pemilik cukup menggunakan kaca film dengan tingkat kegelapan maksimal 40 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.