Diskon Mobil Nissan Tembus Ratusan Juta

Oleh Dian Tami Kosasih pada 04 Jun 2020, 18:04 WIB
Diperbarui 04 Jun 2020, 18:04 WIB
Nissan Terra
Perbesar
Nissan Terra resmi menantang Toyota Fortuner dengan harga mulai Rp 460 jutaan. (Amal/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Nissan melakukan perubahan strategi bisnis, salah satunya menutup pabriknya di Indonesia dan fokus di fasilitas Thailand, sebagai basis produksi Asia Tenggara.

Meski demikian, pabrikan otomotif asal Jepang ini memastikan pihaknya akan terus melanjutkan bisnis atau penjualannya di pasar nasional.

Kabar terbaru, Nissan menawarkan sejumlah promo dalam menjajakan produknya di Tanah Air. Guna menarik minat konsumen, beragam promo diberikan dealer resmi Nissan.

Selain melalui media sosial, seorang tenaga penjual di Jakarta mengaku potongan harga yang diberikan mencapai Rp 110 juta.

"Ada diskon menarik saat ini untuk Nissan Terra. Potongan yang kami berikan mencapai Rp 110 juta," kata salah satu tenaga penjual kepada Liputan6.com, Kamis (4/6/2020).

Meski demikian, tenaga penjual tersebut menjelaskan bila diskon tersebut diberikan khusus produksi tahun 2019.

"Kalau tipenya khusus VL AT. Harga normalnya itu Rp 537 juta, karena diskon sekarang harganya itu Rp 427 juta. Cuma ini harus cepat ya, soalnya stoknya pasti terbatas banget," katanya.

Tak hanya Terra, Nissan juga memberikan potongan harga untuk beberapa model andalannya seperti X-Trail dan Livina.

"Kalau X-Trail itu bisa sampai Rp 20 juta diskonnya. Sedangkan Livina itu sekitar Rp 15 juta," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Akan Meluncurkan 12 Model Baru

Selain menghentikan produksi di Indonesia, Nissan juga menghentikan penjualan Datsun di Korea Selatan dan Rusia, serta penutupan pabrik di Barcelona, Spanyol.

Nissan sendiri akan fokus ke pasar-pasar inti, seperti Jepang, Cina, dan Amerika Utara.   

Sementara itu, kapasitas produksi juga akan turun 20 persen, menjadi 5,4 juta uit per tahun dengan tingkat pemanfaatan pabrik di atas 80 persen, sehingga biaya operasional lebih mengunntungkan. Sedangkan biaya tetap atau fixed cost akan dipangkas sekira 300 miliar.

Sedangkan jajaran produk global juga akan dikurangi hingga 20 persen, dari 69 model menjadi kurang dari 55 model. Namun, dalam 18 bulan ke depan, Nissan akan meluncurkan 12 model baru.

Lanjutkan Membaca ↓