Sukses

Radiator Mobil Bisa Dirawat Sendiri, Begini Caranya

Memiliki fungsi menjaga temperatur mesin tetap stabil, radiator harus selalu dirawat secara teratur. Sering terlupakan, merawat komponen ini ternyata tidaklah sulit.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki fungsi menjaga temperatur mesin tetap stabil, radiator harus selalu dirawat secara teratur. Sering terlupakan, merawat komponen ini ternyata tidaklah sulit.

Walau terparkir cukup lama saat PSBB, radiator sebaiknya diperhatikan agar air panas dari mesin yang datang ke upper tank dan pipa-pipa radiator sebelum disalurkan melalui lower tank bisa didinginkan dengan maksimal.

Seperti dilansir Hyundai Indonesia, salah satu bentuk perawatan yang harus dilakukan ialah menguras cairan radiator secara rutin sesuai dengan anjuran di buku servis kendaraan atau minimal setiap 40 ribu kilometer.

Selain itu, memasukkan cairan radiator tentu tak boleh sembarangan. Gunakan cairan khusus untuk radiator (radiator coolant) yang dapat mencegah terjadinya karat pada saluran air radiator.

Tak hanya itu, saat menambahkan air radiator yang kurang sebaiknya menggunakan radiator coolant, jangan menggunakan air biasa atau mineral.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menambahkan Air Radiator

Ketika menambahkan air radiator, pastikan tangki reservoir dan radiator tertutup rapat sehingga radiator coolant tidak keluar saat temperatur mesin sudah panas.

Sedangkan saat mencuci mobil, semprot kisi-kisi radiator dengan air bertekanan tinggi sehingga kisi-kisi radiator bersih dari kotoran. Bila kisi-kisi bersih, panas radiator bisa segera 'dibuang'.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini