Sukses

Punya Peran Penting, Ban Cadangan Juga Wajib Mendapat Perawatan

Merawat ban cadangan tidak sulit, secara teknis prosesnya sama dengan ban utama

Liputan6.com, Jakarta - Banyak pemilik mobil yang mengabaikan perawatan ban serep atau cadangan. Biasanya, ban ini hanya dibiarkan begitu saja di tempatnya, tanpa dilakukan perawatan.

Padahal, si karet bundar ini memiliki fungsi yang cukup penting jika ban utama di mobil kesayangan mengalami masalah, baik itu kempis atau bocor di jalan.

Jadi, dengan pentingnya fungsi ban cadangan memang harus tetap dilakukan perawatan. Berikut, tips merawat ban cadangan seperti dilansir laman resmi Toyota Astra:

Merawat ban cadangan tidak sulit, secara teknis prosesnya sama dengan ban utama. Pemilik mobil bisa melakukan pengecekan sendiri secara berkala dengan melihat langsung.

1. Paling utama, memperhatikan kondisi karetnya, apakah masih bagus atau sudah ada kerusakan seperti permukaan yang getas.

Banyak kejadian akibat ban terlalu lama disimpan membuat kondisi karet menjadi turun, apalagi ban yang tersimpan di bawah ruang bagasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lakukan rotasi

2. Berikutnya adalah memeriksa tekanan udara ban serep. Tekanan udara memiliki peran penting untuk memastikan ban serep tetap dalam kondisi prima sehingga bisa langsung dipakai saat dibutuhkan.

Sarannya, minimal sebulan sekali kamu cek tekanan udara ban serep dengan tekanan paling tidak 10 PSI di atas tekanan ban normalnya. Sama dengan ban yang kamu gunakan, tekanan udara juga harus terjaga karena bila sampai kurang tentu tidak bisa digunakan.

Intinya secara perlakukan ban serep itu juga harus sama dengan ban lain.

3. Untuk lebih memaksimalkan peran ban cadangan dan menjaga fungsinya, sebaiknya kamu melakukan rotasi atau penggantian dengan ban yang lain. Tapi ini hanya berlaku untuk ban serep yang ukurannya sama dengan ban utama.

Dengan adanya rotasi, maka akan membuat seluruh ban mobil bergerak sehingga meminimalkan risiko kerusakan karena getas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini