Minim Perawatan, Begini Cara Menjaga Performa Motor Bebek

Oleh Dian Tami Kosasih pada 21 Mei 2020, 04:41 WIB
Diperbarui 21 Mei 2020, 04:41 WIB
Yamaha Vega Force Tampil Lebih Sporty (YIMM)

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum skuter matik mendominasi, motor bebek merupakan kendaraan yang banyak dipilih masyarakat Tanah Air. Meski penjualannya semakin menurun, tak sedikit penggemar setia motor bebek masih menggunakan kendaraan penggerak rantai ini.

Tak terlalu membutuhkan banyak perawatan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pemilik kendaraan. Berikut beberapa tips perawatan motor bebek agar tetap tangguh di jalan seperti dilansir Federal Oil:

Rutin Mengecek Oli dan Servis

Melakukan pengecekan oli secara rutin adalah hal dasar untuk merawat motor. Ingat, oli merupakan cairan yang akan membantu kinerja, sehingga mesin menjadi lebih halus dan tidak mudah panas.

Karena itu, lakukan pergantian secara rutin agar performa mesin selalu prima. Pergantian rutin ini bisa dilakukan saat jarak tempuh motor sudah mencapai 2.000 hingga 2.500 kilometer.

Jangan tunggu oli berubah warna kehitaman dan pekat karena bisa menghambat kinerja mesin.

Selain mengganti oli secara rutin, servis rutin juga perlu lakukan. Apabila motor masih menggunakan karburator, jangan lupa rutin dibersihkan.

2 dari 2 halaman

Perhatikan Busi dan Sistem Kelistrikan

Masalah pada pengapian bisa membuat motor kesayangan mogok. Bersumber dari busi, untuk menjaga pengapian tetap baik, pengecekan rutin harus dilakukan. Pastikan busi dalam keadaan kering tanpa jelaga atau hangus.

Pada kelistrikan, motor yang menggunakan teknologi injeksi memerlukan listrik dari aki sebagai sumber energi karenakan kerja injektor harus terhubung dengan asupan listrik yang stabil. Untuk memudahkan perawatan, pilih aki kering yang minim perawatan.

Lanjutkan Membaca ↓