Siap Jualan Taycan, Bagaimana Porsche Indonesia Kelola Limbah Baterainya?

Oleh Amal Abdurachman pada 20 Mei 2020, 14:00 WIB
Diperbarui 20 Mei 2020, 14:00 WIB
Intip Pembuatan Mobil Listrik Pertama Porsche

Liputan6.com, Jakarta - PT Eurokars Artha Utama sebagai distributor resmi Porsche di Indonesia siap meluncurkan sportscar listrik Porsche Taycan di Indonesia pada September 2020 mendatang.

Menjadi model full Electric Vehicle yang pertama, apakah Porsche Indonesia siap untuk mengolah limbah baterai bekasnya?

Jason Broome selaku Managing Director Porsche Indonesia pun angkat bicara. " Kita bekerja sama dengan perusahaan daur ulang di berbagai negara. Jika seseorang membeli mobil listrik Porsche, kami akan daur ulang baterainya secara gratis, sehingga konsumen tak perlu lagi memikirkan hal tersebut," ungkap Jason saat teleconference bersama media, kemarin (19/05).

Jason mengaku bahwa Porsche memiliki standar tersendiri agar proses daur ulang baterai harus ramah lingkungan. Selain itu, pihaknya sudah memikirkan bagaimana cara mengirim baterai yang rusak akibat kecelakaan.

"Jika mobil listrik mengalami kecelakaan, kami akan kirim baterainya menggunakan kotak khusus yang anti bocor dan dikirim seaman mungkin ke pabrik daur ulang. Kami punya lokasi khusus untuk menyimpan baterai rusak di luar gedung. Kami sudah memperhatikan berbagai sisi dan meminimalisir berbagai risiko yang mungkin terjadi," pungkas Jason.

2 dari 4 halaman

Jarak Tempuh Porsche Taycan

Menurut Jason, Porsche Taycan dapat digunakan di Indonesia meskipun belum banyak charging station yang tersedia. " 85 persen konsumen mobil listrik mengisi baterai mobil di rumah. Penggunaan dalam sehari kira-kira 60 hingga 100 km, sedangkan jarak tempuh Taycan bisa mencapai 400 km," ungkap Jason.

Menurutnya dalam keadaan baterai penuh, Porsche Taycan bisa digunakan pulang pergi dari Jakarta ke Bogor. Kebutuhan cas hanya dibutuhkan di destinasi tujuan jika bepergian keluar kota.

3 dari 4 halaman

Estimasi Harga Porsche Taycan

Meski belum diluncurkan secara resmi, Jason membocorkan estimasi harga Taycan saat nanti masuk ke Indonesia. " Untuk masalah kisaran harga, model Porsche Taycan 4S akan berada di kisaran Rp2,8 - 2,9 miliar. Namun, harga tersebut masih bisa berubah," pungkas Jason.  

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓