Pandemi Corona Covid-19 Tak Halangi Investasi Besar Honda di Indonesia

Oleh Dian Tami Kosasih pada 18 Mei 2020, 20:04 WIB
Diperbarui 18 Mei 2020, 20:04 WIB
pabrik-honda-2-140115b.jpg

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi salah satu pabrikan otomotif yang melakukan investasi di Indonesia, Honda siap mengucurkan dana Rp5,1 triliun untuk meningkatkan komponen lokal dan pengembangan model baru.

Meski pandemi Corona Covid-19 tengah terjadi saat ini, Business Inovation and Marketing merangkap Sales Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy mengatakan, rencana invesatsai akan tetap berjalan.

"Investasi Rp5,1 triliun itu buat perkembangan model baru dan peningkatan lokal konten. Sejauh ini belum ada pembahasan untuk menunda investasi tersebut. Jadi masih on track," kata Yusak.

Walau untuk mengembangkan model baru, Yusak mengaku dana yang dikeluarkan tersebut tak bersingggungan dengan pengembangan kendaraan listrik.

"Nantinya kita akan mengikuti kondisi terakhir tapi untuk sekarang ini belum ada pembahasan menghambat atau membatalkan. Nanti akan dikabari kalau info lebih lanjut. Dana tersebut tidak bersinggungan dengan elektrifikasi," ujar Yusak.

2 dari 2 halaman

Produk yang Dikembangkan

Meski mengaku akan mengembangkan model baru, Yusak enggan mengungkapkan lebih detail terkait pengembangan produk. "Sekali lagi kalau produk kami enggak bisa berkomentar banyak," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita telah melakukan one on one meeting secara maraton dengan delapan korporasi Jepang, tak terkecuali jenama otomotif.

Hal ini berkaitan erat dengan investasi hingga Rp40 triliun sampai 2023 di Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓