Tips Merawat Jaket Motor Kesayangan Selagi Iseng di Rumah Aja

Oleh Arief Aszhari pada 17 Mei 2020, 17:10 WIB
Diperbarui 17 Mei 2020, 17:10 WIB
Jaket

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu perlengkapan berkendara yang cukup penting, jaket memang memiliki banyak fungsi. Selain memberikan keamanan bagi pengendara, jaket juga bisa mendukung gaya berkendara seorang biker.

Berbagai jenis jaket sepeda motor, baik yang fungsional hingga premium tentu memiliki tata cara perawatannya tersendiri. Berikut, beberapa tips merawat jaket di rumah, seperti yang dijabarkan PT Astra Honda Motor (AHM):

1) Ikuti instruksi sesuai label yang terdapat dibalik Jaket dalam melakukan pencucian. Jaket untuk bermotor memiliki jenis bahan yang berbeda-beda, sehingga petunjuk dalam melakukan pencucian menjadi kunci agar jaket lebih awet.

2) Untuk jaket sepeda motor biasanya memiliki pelindung, seperti pada bagian bahu, siku dan punggung. Sebelum melakukan pencucian, keluarkan pelindung dari kantongnya agar tidak merusak sisi-sisi jaket saat dicuci.

 

2 dari 4 halaman

Jangan Sikat Jaket

3) Perawatan yang lebih detail, dapat menyikat bagian-bagian yang kotor terlebih dahulu sebelum mencuci jaket. Gunakan sikat yang lembut beserta sabun cuci yang sudah dilarutkan dengan air. Bila jaket tersebut berbahan kulit, hindari membersihkan dengan menyikat, cukup bersihkan dengan kain microfiber.

4) Mencuci dengan tangan merupakan cara yang paling aman untuk menjaga keawetan jaket, terutama bila jaket berbahan kulit. Namun untuk kepraktisan tetap diperbolehkan menggunakan mesin cuci untuk jaket selain berbahan kulit.

3 dari 4 halaman

Setelah Dicuci

5) Setelah dicuci, gantung jaket menggunakan gantungan baju, disarankan tidak langsung terpapar sinar matahari. Untuk mempercepat waktu pengeringan, dapat menggunakan kipas angin.

6) Simpan jaket di suhu ruangan menggunakan gantungan baju. Agar lebih awet disarankan untuk tidak dilipat dan lokasi penyimpanan tidak terkena matahari langsung.

Dengan melakukan perawatan jaket diatas, maka dapat mencegah kerusakan jaket yang disebabkan oleh jamur karena kondisi yang lembab serta penurunan kualitas bahan dari jaket.

"Kondisi jaket yang prima tidak hanya mendukung tampilan dalam berkendara, namun juga mendukung kenyamanan dan keamanan dalam berkendara baik untuk perjalanan commuter maupun turing,” jelas Parts Accesoris & Apparel Manager PT AHM, Tony Kurniawan, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Minggu (17/5/2020).

 

4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓