Membersihkan Ruang Mesin Mobil Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah, Simak Panduannya

Oleh Dian Tami Kosasih pada 14 Mei 2020, 09:06 WIB
Diperbarui 14 Mei 2020, 09:06 WIB
Melihat Proses Perbaikan Mobil Pasca-Terendam Banjir
Perbesar
Mekanik mengecek mesin mobil yang terendam banjir di sebuah bengkel di Jakarta, Rabu (8/1/2020). Kerusakan pada mobil yang terendam banjir meliputi interior, kabel dan kelistrikan, serta bagian mesin. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya servis, salah satu hal yang harus diperhatikan untuk merawat kendaraan ialah membersihkan mobil secara berkala. Selain bodi dan interior, membersihkan ruang mesin juga wajib dilakukan.

Jarang tersentuh, banyak pemilik tak tahu cara menjaga dan membersihkan ruang mesin dengan benar. Tak bisa dikerjakan sembarangan, berikut panduan membersihkan mesin seperti dilansir Garda Oto:

Mencuci ruang mesin membutuhkan kehati-hatian. Ada beberapa komponen mobil yang tidak boleh terkena air karena berpotensi mengalami korsleting atau kerusakan.

Sebelum membersihkan bagian mesin, pemilik kendaraan sebaiknya mencari tahu di mana letak komponen listrik. Jika sudah, mobil bisa disemprot dengan air hingga ruang mesin benar-benar bersih.

Hindari menyemprot bagian yang terlindungi material plastik. Setelah itu, pemilik bisa menggunakan alat bernama degreaser untuk membersihkan komponen yang tak boleh terkena air.

2 dari 2 halaman

Keringkan dengan Kompresor

Tak lupa gunakan sikat agar mesin bersih optimal. Langkah selanjutnya ialah menyemprot kembali dengan air bersih. Apabila memiliki kompresor angin, semprotkan secara perlahan untuk memastikan air tidak mengendap di bagian elektrik.

Apabila tak memiliki kompresor, pemilik juga bisa menggunakan kanebo untuk membersihkan sisa air, hanya saja untuk bagian mesin dalam tak bisa dibersihkan dengan komponen ini.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan pemilik kendaraan saat hendak membersihkan mesin sendiri di rumah.

Lanjutkan Membaca ↓