Terlalu Lama di Garasi karena PSBB, Sebaiknya Lakukan Ini Pada Mobil Anda

Oleh Liputan6.com pada 10 Mei 2020, 03:44 WIB
Diperbarui 10 Mei 2020, 03:44 WIB
[Bintang] Gentleman, 5 Shio Ini Nggak Akan Biarkan Pacarnya Nyetir
Perbesar
Ilustrasi nyetir mobil. (Sumber foto: unsplash.com)

Liputan6.com, Jakarta - Adanya status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan pemerintah di sejumlah wilayah membuat banyak dari kendaraan masyarakat jadi jarang digunakan.

Namun masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa mobil tidak akan rusak jika tidak dipakai dalam waktu lama. Asumsi ini justru salah, karena mobil yang dibiarkan menganggur selama berminggu-minggu dapat menimbulkan "penyakit" baru pada komponen-komponen penting mobil.

Jika kendaraan lama mangkrak pada area terbuka, disarankan untuk rajin mencuci mobil. Selain itu, cek juga kondisi area di sekitar mesin apakah terlihat bekas sarang hewan pengerat seperti tikus. Karena binatang jenis ini rawan merusak komponen terutama komponen kelistristikan

Sempatkanlah untuk sekadar menjalankan mobil yang sudah dicuci tadi. Test drive sejenak di sekitar rumah ataupun kompleks perumahaan.

"Tidak usah jauh, cukup di area komplek perumahan saja. Tujuannya adalah untuk menormalkan profil tapak ban yang lama diam. Contohnya jika awalnya tapak ban ada di posisi paling bawah, ya harus diputar posisinya. Sehingga profile semua tapak ban Mobil tetap bundar alias tidak peyang," urai Rafi'i Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot cabang Cilandak.

Dengan membawa mobil di sekitar kediaman, Anda dapat mengecek fungsi rem mobil secara keseluruhan. Baik itu mobil yang didukung sistem ABS atau tidak. Bahkan fungsi power steering jika ada kendala pun dapat langsung dirasakan.

"Ketika menjalankan mobil, pemilik kendaraan juga bisa memantau fungsi komponen kelistristikan seperti headlamp, foglamp, lampu senja hingga lampu indikator sein. Tidak lupa juga memantau fungsi wiper, power window juga audio sistemnya," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Manfaat Lain

Selain itu Anda dapat cek langsung fungsi AC (Air Conditioner). Apakah kualitas dingin di dalam kabin masih normal atau tidak. Begitu juga dengan hembusan anginnya apakah masih normal atau tidak.

"Yang terpenting saat lakukan test drive ini yakni memastikan kondisi ban terutama tekanan anginnya masih bagus. Maklum mobil lama tidak jalan biasanya tekanan angin ban sering berkurang," tukasnya.

Jika tekanan angin ban terlihat berkurang, sebaikya bawa mobil ke gerai pengisian angin terdekat untuk lakukan pengecekan.

Sementara untuk mengetahui berapa ukuranan tekanan angin ban mobil Peugeot, biasanya tabel informasi rekomendasi tekanan angin bisa lihat di bodi mobil bagian kiri. Tepatnya area dalam pintu pengemudi.

Sumber: Otosia.com

Lanjutkan Membaca ↓