Sukses

Ini Ukuran yang Direkomendasikan Kalau Mau Ganti Pelek MPV

Banyaknya pilihan pelek menggoda pemilik kendaraan untuk mengganti bawaan pabrik dengan pelek aftermarket. Khusus untuk MPV keluarga

Liputan6.com, Jakarta - Banyaknya pilihan pelek menggoda pemilik kendaraan untuk mengganti bawaan pabrik dengan pelek aftermarket. Khusus untuk MPV keluarga, seperti Avanza atau Ertiga, sebelum mengganti pelek, yang perlu juga dipikirkan adalah kenyamanan keluarga.

Aldi Rais, Community Manager HSR Wheel pun memberi masukan bagi pemilik MPV keluarga yang ingin mempercantik bagian kaki-kaki, terutama modelnya.

Dia katakan, pilih pelek sebenarnya susah-susah gampang. Tapi yang utama adalah masalah keamanan dan kenyamanan jika dipakai harian.

"Standarnya, modif pelek itu maksimal naik 2 inchi dari pelak bawaan mobil. Misalanya, Avanza pelek bawaannya ring 14, nah berarti bisa dimodif sampai ring 16. Ini yang dianjurkan dan banyak dipakai anak-anak yang hobi otomotif, sehingga masih nyaman untuk bawa keluarga," terang Aldi.

Namun demikian ukurannya bukan tidak bisa dinaikan lebih tinggi lagi, misalnya menjadi ring 17 atau 18. Konsekuensinya, kenyamanan kerap menjadi tumbal karena ban yang dipakai menjadi lebih tipis.

"Tapi tampilan mobilnya memang jadi lebih bagus. Namun untuk bensin jadi lebih boros karena mesin harus kerja ekstra muterin roda," tukasnya.

"Untuk pilihan bahan pelek, rata-rata pelek di Indonesia itu bahannya alumunium alloy. Itu sudah sangat proper untuk mobil yang di pakai untuk keluarga atau harian," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlu Ganti Ban Kah?

Perlukah ganti pelek diikuti dengan mengganti ban? Aldi menyebut tidak perlu jika pelek MPV keluarga seukuran bawaan mobil.

"Kalau ganti peleknya seukuran sama pelek yang lagi dipakai tidak perlu ganti ban, masih bisa pakai ban yang lama. Tapi kalau gantinya beda ukuran, ya harus beli ban juga," imbuhnya.

Aldi menambahkan bahwa mengganti pelek lebih besar bukan berarti menggangu pengendalian atau handling.

"Kalau handling, harusnya lebih enak karna lebih banyak area yang napak sama aspal. Jadi handling control-nya lebih baik," tutupnya.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini