Sepeda Motor Jawa Mulai Rambah Pasar Eropa

Oleh Dian Tami Kosasih pada 06 Mei 2020, 07:04 WIB
Diperbarui 06 Mei 2020, 07:04 WIB
Jawa Forty Two
Perbesar
Jawa Forty Two (Motorbeam).

Liputan6.com, Jakarta - Anak perusahaan Mahindra Group, Classic Legends siap mengekspor sepeda motor Jawa ke pasar otomotif Eropa mulai tahun ini. Hal itu dilakukan setelah Jawa 300 Classic dipamerkan di negara asalnya, Republik Ceko.

Seperti dilansir Motorbeam, Selasa (5/5), terdapat tiga model yang akan memeriahkan pasar otomotif Benua Biru, yakni Jawa Classic, Forty Two dan Perak.

Melebarkan sayap ke luar India merupakan salah satu strategi Jawa untuk bersaing dengan Royal Enfield di pasar internasional. Mendapat desain klasik, motor yang kental dengan nilai hitorisnya ini, diklaim mampu menarik perhatian konsumen mancanegara.

Dari sisi dapur pacu, Classic dan FortyTwo mendapatkan mesin 293cc, liquid-cooled silinder tunggal yang mampu menghasilkan tenaga hingga 27 Tk dan torsi 28 Nm.

Menggunakan mesin 334cc silinder tunggal berpendingin cairan, Jawa Perak bisa menghasilkan tenaga hingga 30 Tk dan torsi 31 Nm karena dikawinkan dengan transmisi enam percepatan serta memakai sistem short-cut twin-exhaust untuk sistem pembuangan.

2 dari 2 halaman

Hadir di India November 2018

Jawa Perak memiliki pengaturan suspensi di bagian belakang. Untuk menambah kenyamanan, motor ini telah menggunakan monoshock dan fitur rem cakram di bagian belakang.

Sebagai informasi, Jawa Motorcycles ikut meramaikan pasar otomotif India pada November 2018 lalu dengan meluncurkan dua produk baru, yakni Jawa dan Jawa 42.

Lanjutkan Membaca ↓