Sukses

Gara-Gara Seat Belt, Toyota Indonesia Recall Ratusan Alphard dan VellFire

Sesuai arahan global innitiative principal Toyota Motor Corp, Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi melakukan penarikan atau recall Alphard dan Vellfire karena seat belt.

Liputan6.com, Jakarta - Sesuai arahan global innitiative principal Toyota Motor Corp, Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi melakukan penarikan atau recall Alphard dan Vellfire karena masalah pada seat belt atau sabuk pengaman.

“Sejalan dengan komitmen Toyota dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan, kami menginformasikan dan sangat mengimbau para pelanggan agar dapat segera mengecek kendaraannya di bengkel resmi Toyota," ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

Disebutkan, seatbelt kedua produk yang terindikasi bermasalah itu berpotensi tidak berfungsi dengan baik dari sisi mekanisme pengunciannya.

Recall yang berlaku untuk produksi Agustus hingga September 2019 itu bebas biaya. TAM akan memberikan informasi kepada pemilik kendaraan untuk segera melakukan perbaikan melalui surat maupun situs resmi.

"Secara total terdapat 305 unit, pemilik kendaraan tidak usah khawatir karena perbaikan yang dilakukan tidak membutuhkan waktu lama," ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM.

Terkait perbaikan, Anton menegaskan pihak dealer hanya membutuhkan waktu satu hingga satu setengah jam. "Maksimal 3 sampai 4 jam. Recall ini akan dilakukan di tengah Covid-19 dan akan dilakukan secepatnya," ujar Anton.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Toyota Siapkan Versi Mewah Alphard dan Vellfire

Toyota dikabarkan tengah bersiap merilis Alphard Gold dan Vellfire Golden Eyes pada awal Mei nanti. Edisi mewah dari Alphard dan Vellfire ini isunya hanya untuk pasar Jepang.

Secara bentuk memang terlihat sama dari model reguler. Namun kalau ditelisik lebih dalam, mereka punya sejumlah keistimewaan. Yakni hal-hal yang bertujuan memanjakan penghuni kabin.

Kedua model berkonfigurasi tujuh tempat duduk edisi khusus. Tersedia dalam enjin pembakaran internal dan model hybrid. Mesin bensin 2AR-FE 2,5 liter dikawinkan dengan transmisi CVT, baik 2WD ataupun gerak empat roda (AWD). Sedang jenis hybrid bensin-listrik 2AR-FXE 2,5 liter dilengkapi elektrik E-Four, sebuah fitur penggerak semua roda.

Nah, Alphard Gold memiliki grille depan berlapis kromium gelap dengan finishing cat metalik hitam. Lalu sebagai lambang kemewahaan, logo dikelir emas, terlihat amat mencolok. Masih ada lapis kromium warna perak tersisip di sudut rumah lampu kabut. Juga pada side skirt, bingkai kaca serta di buritan.

Vellfire Golden Eyes dibangun di atas spesifikasi varian Z. Ia tetap menggunakan kisi-kisi terpisah atas dan bawah. Beda dari Alphard, sang MPV dibekali lebih banyak sentuhan kromioum di bagian wajah.

Kemudian ciri khas mobil, lampu bertingkat masih terpasang dengan teknologi diode plus fog lamp LED. Di sini, Vellfire mendapat perangkat headlamp emas. Karenanya disebut Golden Eyes. Lalu sebagai ponopang tubuh bongsor, Toyota memakaikan roda 18 inci yang beralas ban 235/50.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini