Sukses

5 Skutik Terjangkau dengan Kapasitas Bagasi Memadai

Selain menawarkan kemudahan berkendara, skuter matik atau skutik dituntut untuk memiliki kapasitas bagasi yang memadai. Bagi Anda yang sedang berburu skutik dengan harga tak sampai Rp20 juta, Anda bisa melihat daftarnya di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Selain menawarkan kemudahan berkendara, skuter matik atau skutik dituntut untuk memiliki kapasitas bagasi yang memadai. Bagi Anda yang sedang berburu skutik dengan harga tak sampai Rp20 juta, Anda bisa melihat daftarnya di bawah ini.

Yamaha FreeGo

Di urutan pertama bertengger nama Yamaha FreeGo. Harga termurahnya mulai Rp 19,275 juta, sementara termahal Rp 23,1 juta. Meski dimasukkan dalam kategori skutik entry level 125 cc, kelegaan ruang simpan diluar ekspektasi. Tak berlebihan jika menyebut bagasinya seluas Maxi. Karena memang sudah dibuktikan oleh angka.

Tak perlu khawatir atau bingung menitipkan barang bawaan. Helm half face dengan shape beragam saja bisa masuk. Pun kalau mau menambah beberapa peralatan lagi, seperti jas hujan dan semacamnya, masih muat. Ruang di balik jok FreeGo mencapai 25-liter, seimbang dengan jajaran Maxi Yamaha.

Selain itu ia memiliki dek rata. Jika dalam keadaan darurat, perlu menyelipkan barang agak besar, cukup praktis. Tak ada gundukan palang mengganggu. Gantungan juga menempel persis di tengah, namun tak dicantumkan berapa beban maksimal yang bisa ditahan.

Ruang akomodasi optimal ini didapat berkat penempatan tangki di kolong. Sehingga tak mengganggu bagasi maupun ruang kaki sama sekali. Sayang, karena posisi wadah bensin unik, laci sebelah kiri difungsikan untuk mulut tangki. Sementara di sisi kanan, tak ada tambahan saku sama sekali. Padahal sudah ada soket 12V dekat situ.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Honda Vario 125

Lanjut pada si legenda skuter matic, Honda Vario 125. Meski tak pakai embel-embel pemindahan tangki ke kolong, ia masih sanggup memuat barang banyak. Ditambah lagi bentuk lantai rata, serta ada dua saku di bawah dashboard yang cukup dalam.

Bagasinya bisa menelan helm half face, namun jelas tak mampu sevariatif FreeGo. Jenis yang bisa masuk tertentu saja. Karena secara volume pun selisih banyak, hanya mencatat 18 liter. Kendati begitu, sembari menaruh helm, Anda tetap bisa menambah beberapa perlengkapan kecil lain.

Gantungan serta dek rata tersedia. Bukan masalah jika mau menempatkan barang di tengah. Meski sebetulnya tak begitu disarankan jika terlalu besar. Berikutnya, yang tak dipunya FreeGo ialah saku di sisi kiri dan kanan. Botol minum, sarung tangan, atau barang sebesar itu cukup untuk dimasukkan. Soal banderolnya, Honda melego mulai Rp 20,6 juta sampai Rp 21,505 juta.

3 dari 6 halaman

Honda Scoopy

Kemampuan Scoopy memang tak sebaik dua motor tadi. Bahkan Honda tak mengklaim bagasinya bisa muat helm. Walaupun begitu, motor seharga Rp 19,75 juta ini punya kelebihan yang tak kalah menarik.

Adalah laci dengan penutup kokoh. Lubang penyimpanan gawai tak dibiarkan jadi rak terbuka. Terdapat cover senada bodi, dikaitkan kancing. Otomatis tak perlu khawatir terkena hujan. Anda bisa tenang menaruh Handphone, sembari mengisi daya, karena sudah ada power outlet di dalamnya.

Ruang bagasi tak berarti buruk juga. Kapasitasnya mumpuni untuk motor sekelas 110 cc. Dalam catatan angka, volume mencapai 15,4 liter. Karena helm tak masuk, Anda bisa menyimpan barang bawaan lebih banyak lagi.

4 dari 6 halaman

Yamaha Soul GT

Satu ini sering terlupakan. Entry level Yamaha, All New Soul GT, juga memiliki kapasitas penyimpanan cukup untuk keseharian. Harganya pun ekonomis, mulai Rp 17,3 juta hingga Rp 17,8 juta. Bahkan, dalam reka gambar promosi Yamaha mengklaim bagasi bisa memuat helm.

Memang benar adanya. Ruang di balik jok bisa dijejali helm. Dengan catatan, hanya satu jenis, yakni bawaan pabrik. Tipe half face lain belum tentu bisa masuk. Lagipula catatan volumenya 14 liter saja. Selain itu, dua saku cukup dalam untuk meletakkan air minum dan keperluan sehari-hari. Plus, deknya rata berikut ada gantungan di tengah.

5 dari 6 halaman

Honda Genio

Terakhir, Honda Genio. Sosok skutik stylish baru ini turut menyediakan ruang cukup lega di kelasnya. Set banderol tak terlalu mahal, Rp 17, 68 juta sampai Rp 18,15 juta OTR Jakarta.

Volumenya sendiri sama seperti All New Soul GT, 14 liter. Tapi Honda tak mengklaim bisa memuat helm. Karena kenyataannya, bawaan dari pabrik terlalu besar untuk disembunyikan di balik jok. Tapi berbagai perlengkapan bisa masuk. Semacam sepatu, jas hujan, jaket, tak perlu bingung lagi untuk menyimpannya. Double Inner rack pun cukup dalam untuk tambahan lagi.

Sumber: Oto.com

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini