Bersihkan Busi dengan Cara Ini Ternyata Salah

Oleh Dian Tami Kosasih pada 05 Mei 2020, 09:06 WIB
Diperbarui 05 Mei 2020, 09:06 WIB
Busi Motor
Perbesar
Busi motor

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu perawatan yang wajib dilakukan pemilik kendaraan agar performa kendaraan tetap prima ialah membersihkan busi. Hal ini tak terlepas dari fungsi busi bagi mesin kendaraan.

Masalah pada busi dapat menjadi penyebab utama kendaraan mogok dan tak berfungsi optimal. Karena itu, perawatan pada busi harus dilakukan dengan baik.

Bisa dilakukan di rumah, banyak pemilik kendaraan salah saat membersihkan busi. Tidak sedikit bikers menggunakan sikat kawat dan amplas. Padahal, cara membersihkan tersebut salah besar.

Seperti dilansir Federal Oil, busi yang sudah lama dipakai memang perlu dibersihkan. Namun, tidak menggunakan amplas dan sikat kawat.

Membersihkan busi biasanya memiliki tujuan membuang karbon sisa pembakaran yang menumpuk dan menyebabkan busi kotor.

Untuk membersihkan busi yang benar, pemilik sebaiknya menggunakan angin atau kompresor serta sikat halus. Saat sedang dibersihkan, jaga busi agar tidak basah atau terkena air agar tidak mudah korosi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Permukaan Busi Bisa Berubah

Membersihkan busi dengan amplas dan sikat kawat dapat mengubah permukaan busi. Hal ini tentu berpengaruh pada sistem pembakaran.

Meski demikian, agar pembakaran yang dihasilkan dari busi maksimal, pemilik memang direkomendasikan untuk membersihkan busi dengan teratur dan cara yang benar.

Lanjutkan Membaca ↓