Pastikan Mobil di Rumah Tetap Aman dengan Cara Ini

Oleh Dian Tami Kosasih pada 05 Mei 2020, 05:00 WIB
Diperbarui 05 Mei 2020, 05:00 WIB
Mes Persis Solo
Perbesar
Bangunan utama mes Persis yang hanya terparkir satu mobil milik manajemen klub. (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Liputan6.com, Jakarta - Adanya imbauan untuk selalu berada di rumah di tengah pandemi Corona Covid-19 tak membuat risiko kejahatan menurun. Maraknya aksi pencurian kendaraan bermotor menuntut kita untuk selalu waspada dan mempersiapkan langkah-langkah antisipasi.

Seperti dilansir Garda Oto, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencegah tindak kejahatan.

1. Parkirkan Mobil di Tempat Aman

Tak sedikit kasus pencurian yang berhasil terjadi saat mobil terparkir di dalam rumah. Karena itu, pemilik kendaraan wajib memastikan keamanan garasi dengan memilih material pintu yang kokoh dan menempatkan kamera CCTV.

Jika berpergian, hindari memarkirkan kendaraan di tempat parkir yang sepi dan gelap. Cara ini dapat meminimalisir peluang pencuri menlakukan aksinya.

2. Pasang Alarm dan Gunakan Kunci Tambahan

Alarm merupakan pelindung yang wajib dimiliki mobil. Meski tak sedikit pencuri berhasil mengakali sistem alarm, aksi pencurian bisa memakan waktu apabila mobil memiliki sistem keamanan ganda.

Selain itu, gunakan kunci tambahan pada setir ataupun roda kendaraan. Kunci tambahan bisa mobil tetap pada tempatnya, meskipun pencuri berhasil menyalakan mesin.

 

3. Tidak Meninggalkan Barang Berharga di Mobil

Cara ini tidak efektif menghindari perhatian pencuri kendaraan. Hindari menyimpan banyak barang di dalam mobil.

Jika terpaksa, cobalah sembunyikan barang-barang di tempat yang tidak terlihat langsung dari luar kaca mobil.

4. Lakukan Double-Check

Sebelum meninggalkan mobil, lakukan pengecekan ulang. Pastikan jendela dan pintu sudah tertutup rapat, serta alarm dalam kondisi menyala.

5. Gunakan GPS

Agar lebih aman, pemilik bisa memasang GPS tracker. Alat ini berfungsi untuk melacak jejak kendaraan dan memantau posisi mobil secara real time. Seandainya mobil hilang, pemilik akan lebih mudah mengetahui posisi kendaraan.

6. Letakkan Kunci mobil Jauh dari Pintu Masuk

Jika parkir di rumah, jangan menaruh kunci mobil di dekat pintu masuk. Simpanlah kunci di tempat yang tak mudah dijangkau pencuri.

7. Asuransikan mobil

Untuk memberikan proteksi lebih pada mobil, Anda dapat mempertimbangkan Asuransi sebagai pilihan.

Terdapat perlindungan Total Loss Only yaitu menjamin Total Loss Accident dan Total Loss Stolen dimana memberikan jaminan atas kerugian/kerusakan di mana biaya perbaikan ≥ 75 persen dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian dan kehilangan akibat pencurian.

Jika ingin memberikan perlindungan lebih, ada baiknya menggunakan perlindungan comprehensive sehingga mobil akan diproteksi baik partial loss maupun total loss.

Lanjutkan Membaca ↓