Sukses

Prediksi Peluncuran SUV Terbaru Toyota Berbasis Suzuki Vitara Brezza

Toyota selangkah lagi meluncurkan SUV yang berbasis Suzuki Vitara Brezza yang dinamakan Urban Cruiser. Jika sesuai rencana, mobil anyar ini bakal dirilis antara Juli atau Agustus mendatang

Liputan6.com, Jakarta - Toyota selangkah lagi meluncurkan SUV yang berbasis Suzuki Vitara Brezza yang dinamakan Urban Cruiser. Jika sesuai rencana, mobil anyar ini bakal dirilis antara Juli atau Agustus mendatang tergantung seberapa cepat pemulihan dampak Corona Covid-19.

Nah, rencananya tak hanya lencana yang berganti (rebadge). Disinyalir bakal ada beberapa diferensiasi produk agar tak saling bertabrakan market.

Sepenggal info seputar kongsi dagang kedua prinsipal produsen. Pada Agustus 2019 mereka lakukan kesepakatan modal bersama. Antarpabrikan saling membeli sebagian saham. Mereka lantas mengembangkan teknologi hybrid bareng, berbagi mesin dan sistem lain.

Dari kesepakatan itu, Toyota membelanjakan duit US$ 910 juta saham di Suzuki. Atau dengan pemilikan 4,94 persen. Demikian juga Suzuki yang mengakuisisi saham Toyota senilai US$ 452 juta. Atau setara dengan 0,2 persen saham. Di balik aksi bisnis ini, kedua pabrikan mobil Jepang mengatakan satu visi bersama.

Maka tak heran ada kerja bareng untuk memperlebar ceruk pasar. Sementara di India, sudah beredar Toyota Glanza yang identik dengan Baleno, kecuali logonya. Toyota Urban Cruiser sangat mungkin diubah di area-area utama tertentu.

Misal, mendapatkan lebih banyak identitas Toyota di roman depan. Lalu sejumlah komponen ringan nan relatif murah untuk disentuh ulang. Seperti bumper plastik, kisi-kisi dan panel lain.

Kemudian Toyota juga membuat penataan kecil di buritan Urban Cruiser, membantu membedakan dari Vitara Brezza. Semisal bagian seperti lampu belakang, walau rumahnya sama.

Diprediksi pula tidak ada ubahan pada lapis kromium. Bahkan dengan desain pelek serupa dari SUV kompak Maruti Suzuki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Interior Berubah

Namun rombakan penting lain yang dilakukan ialah tatanan interior. Kabin Brezza saat ini didominasi plastik abu-abu. Kemungkinan Toyota membuat lebih premium, kian cerah, terlihat sedikit lebih berkelas. Setidaknya dilapis kelir terang dan beberapa grafis segar.

Urban Cruiser Toyota juga bisa menjadi barang pertama dengan imbuhan teknologi hybrid ringan. Sistem pembakaran itu merupakan bagian integral dari filosofi global Toyota. Dan secara luas diakui sebagai langkah penghematan bahan bakar.

Sekadar gambaran buat Anda, peranti mild hybrid SHVS pada mesin bensin Vitara Brezza 2020 mengadopsi baterai tambahan 48 volt seperti di Ertiga serta Ciaz.

Perangkat baru ini diimbuhi konverter 48 volt plus 12 volt DC. Hasilnya kenaikan output torsi keseluruhan, menjadi 235 Nm tatkala ISG mulai beroperasi. Efisiensi bahan bakar juga dilaporkan meningkat 15 persen.

3 dari 3 halaman

Smart Hybrid

Nah, smart hybrid pada dasarnya menggunakan ISG berikut pengaturan dua baterai. Ia mengganti alternator konvensional, juga mencakup fungsi motor penggerak.

Sehingga menambah daya enjin selama akselerasi. Menurut Suzuki, dengan teknologi itu, bisa meningkatkan efisiensi keseluruhan serta menurunkan emisi. Dikombinasi pengaturan baterai ganda di Smart Hybrid, memungkinkan fungsi Start/Stop otomatis.

Ini berkaitan meringankan beban pada mesin, dengan mematikan saat berhenti dan menghasilkan penghematan bahan bakar yang lebih baik.

Rencananya, Urban Cruiser diproduksi pabrik Maruti Suzuki pada fasilitas yang sama dengan Brezza. Harga unit ini diperkirakan tak beda jauh dengan Maruti Vitara Brezza. Mulai dari sekitar Rs 7,5 hingga Rs 11,5 lakh (Rp 150 jutaan sampai Rp 230 jutaan).

Tetapi Toyota bakal memikat pelanggan dengan memuat varian atas dengan lebih banyak fitur. Kemudian paket garansi standar tiga tahun atau lebih.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.