Sukses

Tidak Perlu ke Bengkel Selama PSBB, Ini Servis Motor yang Bisa Dilakukan Sendiri

Biasanya, untuk mengusir kejenuhan, banyak cara yang bisa dilakukan, seperti merawat dan periksa motor kesayangan secara sederhana.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat di beberapa daerah di Indonesia, masih harus menjalani aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19. Dengan begitu, banyak yang mengurangi kegiatan di luar, dan melakukan kerja, sekolah, dan ibadah di rumah.

Namun, jika sudah terlalu lama di rumah, kadang rasa bosan datang. Biasanya, untuk mengusir kejenuhan, banyak cara yang bisa dilakukan, seperti merawat dan periksa motor kesayangan secara sederhana, dan bisa dilakukan di rumah tanpa bantuan mekanik, seperti dikutip dari laman resmi Wahana Honda:

1. Cuci Motor

Mencuci motor, adalah salah satu proses perawatan motor termudah yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Selagi ada waktu, lakukan cuci motor sendiri karena peralatan yang dibutuhkan juga tidak terlalu sulit.

Hanya perlu sabun khusus untuk kendaraan bermotor, selang, spons dan lap sintetis untuk mengeringkan motor. Sebagai tambahan, bisa juga mencuci motornya terlebih dahulu sebelum menyemprotkan cairan pembersih.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2) Ganti Oli

Dalam kondisi mesin yang sudah panas, buka penutup oli dan letakan baki di bawah motor lalu lepaskan sumbatannya. Pastikan melepaskan baut yang benar. Baut ini biasanya paling besar, biasanya ada di sisi bawah atau samping.

Untuk Honda CBR250RR, baut yang perlu dibuka ada di sisi kanan motor. Setelah sudah berhasil membuka penutup oli, gunakan oli yang cocok dan sesuai dengan standar motor.

3 dari 3 halaman

3) Memberikan Minyak

Motor akan mendapatkan banyak manfaat dari penggunaan minyak yang tepat di seluruh komponen yang ada. Mulai dari injakan kaki, lubang kunci, engsel, tuas, dan kabel. Periksa selalu buku panduan manual untuk mendapatkan langkah yang sesuai dengan motor yang dimiliki.

4) Cek rantai

Rantai motor merupakan komponen yang sangat penting karena berfungsi untuk menghubungkan mesin dan roda agar bisa bergerak. Penting untuk selalu memperhatikan kondisi rantai motor, dan memahami bagaimana kondisi rantai yang tepat bagi motor Anda.

Langkah pertama, pemotor bisa mengendurkan baut yang ada di as roda belakang, selanjutnya kencangkan baut yang terletak di sisi motor sampai merasa sudah mendapatkan kekencangkan yang sesuai baik di sisi kiri atau sisi kanan. Jangan lupa pasang dan kencangkan kembali baut di as roda yang tadi dilepaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.