Lawan Corona Covid-19, YNCI Bagikan 10 Ribu Hand Sanitizer dari Aceh hingga Papua

Oleh Liputan6.com pada 30 Apr 2020, 17:00 WIB
Diperbarui 30 Apr 2020, 17:00 WIB
YNCI (Yamaha NMax Club Indonesia) lakukan aksi sosial dengan memberikan hand sanitizer gratis.
Perbesar
YNCI (Yamaha NMax Club Indonesia) lakukan aksi sosial dengan memberikan hand sanitizer gratis. (ist)

Liputan6.com, Jakarta - Dalam kegiatan bertajuk “Gerakan Berbagi Hand Sanitizer Gratis”, YNCI (Yamaha NMax Club Indonesia) bagikan hand sanitizer gratis secara serentak dari dari Aceh sampai Papua. Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran Corona Covid-19.

Komunitas motor resmi Yamaha NMax telah memberikan 10 ribu botol hand sanitizer. Aktivitas itu dilakukan sejak 7 April hingga akhir April 2020. Para anggota YNCI dari berbagai chapter yang tersebar di seluruh Indonesia turut membantu dalam aksi ini. Mereka meluangkan waktu untuk turun langsung membagikan cairan pencuci tangan.

”Di tengah wabah corona yang tengah melanda dunia termasuk Indonesia, kami secara sukarela menyediakan bantuan berupa puluhan ribu hand sanitizer. Ini kami bagikan secara gratis kepada masyarakat. Kami senang melakukan kegiatan kemanusiaan seperti ini, karena ini menjadi salah satu fokus para anggota YNCI dalam program kegiatan klub. Semoga apa yang kami berikan dapat bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan pencegahan corona,” papar Yudi Kusuma dalam siaran resmi yang diterima OTO pada Rabu (29/4).

Hand sanitizer yang dibuat secara swadaya dibagikan cuma-cuma untuk seluruh lapisan masyarakat. Pendistribusiannya dilakukan oleh divisi sosial (YNCI Rescue) dari seluruh chapter. Cairan pencuci tangan itu sudah disebar ke 229 Kota/Kabupaten se-Indonesia, oleh cabang YNCI di masing-masing wilayah. Mereka pun mendapat apresiasi dari warga karena peduli terhadap sesama di masa pandemi corona.

 

2 dari 3 halaman

PSBB

Seperti kita ketahui, beberapa pemerintah daerah telah memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Akibatnya memiliki dampak pada perekonomian masyarakat, terutama mereka yang bekerja di sektor informal atau para pekerja berupah harian. Mereka tidak sanggup membeli hand sanitizer karena harga yang terlampau mahal.

"Kegiatan ini bermula dari mirisnya harga hand sanitizer yang begitu mahal, sehingga kami tergerak untuk melakukan aksi sosial. YNCI melalui seluruh membernya membuat kegiatan donasi untuk membeli hand sanitizer dan disalurkan ke berbagai kalangan masyarakat," kata Yudi Kusuma.

Di lain sisi, selalu mencuci tangan menggunakan sabun ataupun dengan hand sanitizer menjadi anjuran yang harus dilakukan oleh semua orang saat ini. Selain dijauhkan dari bahaya virus corona yang bisa menempel di mana saja, praktik itu juga bermanfaat dalam menjaga kebersihan tangan. Dapat berfungsi juga sebagai pencegah berbagai penyakit seperti infeksi, diare, serta hepatitis serta demam berdarah yang tengah terjadi saat ini.

Aksi sosial yang dilakukan YNCI tidak sampai situ saja. Selanjutnya mereka berencana membagikan masker dan sembako pada bulan Ramadan. Hal ini pun masih terkait bantuan kepada sesama akibat pandemi Corona yang tengah terjadi saat ini. 

Sumber: Oto.com

Penulis: Zenuar Yoga

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓