Ini Tips Merawat Kendaraan Saat Mulai Bosan di Rumah Saja

Oleh Arief Aszhari pada 30 Apr 2020, 11:07 WIB
Diperbarui 30 Apr 2020, 11:07 WIB
Daihatsu Gran Max
Perbesar
Daihatsu Granmax (Daihatsu)

Liputan6.com, Jakarta - Kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk memutus mata rantai penyebaran Corona Covid-19 saat ini masih terus berlangsung. Dengan begitu, banyak masyarakat yang masih tinggal di rumah, dan mungkin sudah merasa sangat bosan.

Jika sudah begitu, harus ada kegiatan yang bermanfaat, dan salah satunya merawat kendaraan kesayangan. Berikut, tips merawat mobil di rumah saja ala Daihatsu:

1. Merawat aki

Caranya, dengan memanaskan mobil paling tidak satu sampai dua kali dalam seminggu untuk menjaga daya yang tersimpan pada aki. Mobil yang tidak dipakai mengalami pengurangan daya sekitar tiga persen dari kapasitasnya setiap hari.

Saat memanaskan mobil di garasi rumah, pastikan juga agar asap knalpot mobil tidak mengarah langsung ke dalam rumah.

2. Wiper

Merawat wiper, dapat diangkat apabila mobil di parkir di area terbuka. Ketika suhu panas di luar, karet wiper akan lebih cepat rusak ketika terus menempel pada kaca mobil. Namun, pemilik mobil tidak perlu mengangkat wiper apabila mobil diparkir di garasi rumah yang teduh.

3. Area Parkir

Parkir kendaraan di garasi rumah menjadi pilihan terbaik. Bagi yang tidak memarkir di garasi, pastikan mobil tidak di parkir di area yang terkena matahari dan dijemur langsung, karena dapat membuat cat mobil menjadi pudar dan kusam.

Pastikan juga, lokasi parkir tersebut juga aman dan terpantau. Tambahkan kunci setir kendaraan bila diperlukan.

2 dari 2 halaman

4. Tekanan angin

Saat mobil tidak digunakan, tekanan angin pada ban dapat berkurang apabila kendaraan diparkir dalam waktu lama terlebih di garasi berlantai keramik. Sahabat dapat menambahkan tekanan angin paling tidak ditambah sekitar lima persen dari tekanan angin normalnya.

Selain itu, bisa juga dianjurkan untuk menggerakan kendaraan maju dan mundur sedikit, paling tidak seminggu sekali agar beban kendaraan pada permukaan bidang ban dapat bertumpu secara merata, sehingga kerusakan ban akibat deformasi dapat dicegah.

5. Transmisi dan rem tangan

Transmisi dan rem tangan juga tidak luput untuk diperhatikan. Demi keamanan, aktifkan rem tangan sekalipun parkir dalam bidang jalan yang rata. Khusus untuk mobil transmisi automatic, pastikan ada di posisi P (Parking) untuk mencegah mobil bergerak saat parkir.

6. Kebersihan mobil

Menjaga kebersihan mobil, dapat dilakukan dengan mencuci sisi eskterior dan membersihkan interior mobil paling tidak seminggu sekali. Pastikan, setiap sudutnya dicuci bersih agar terbebas dari kotoran, terlebih ada virus atau bakteri yang menempel.

Lanjutkan Membaca ↓