Toyota GR Supra Versi Ini Lebih Bertenaga dan Terbatas

Oleh Liputan6.com pada 29 Apr 2020, 18:11 WIB
Diperbarui 29 Apr 2020, 18:11 WIB
Toyota GR Supra
Perbesar
Toyota GR Supra versi update mengalami peningkatan tampilan dan performa. (Toyota)

Liputan6.com, Jakarta - Seakan tak puas dengan model yang ada sekarang, Toyota kembali meracik GR Supra. Mobil yang segera diperkenalkan di Jepang sebagai model terbatas itu mengalami beragam peningkatan baik dalam hal tampilan maupun performa.

Setidaknya ada dua trim yang disuguhkan, yakni Supra RZ Horizon Blue yang tersedia sebanyak 100 mobil, dan Supra RZ Matte Storm Gray Metallic cuma disediakan 27 unit.

Penamaan sesuai dengan kelir bodi. Horizon Blue merupakan warna biru terang mirip Supra A91 Edition yang dikenalkan di pasar Amerika Serikat Februari lalu. Bahkan mirip seperti Supra di game Gran Turismo terbaru.

Corak itu berpadu hitam di beberapa area, seperti under spoiler depan dengan winglet, side skirt, body kit belakang bersama diffuser, kisi-kisi intake, spion terintegrasi sein dan pelek.

Ukuran bingkai roda terbuat dari alumunium ini 19 inci. Desain palangnya sederhana, guna menonjolkan perangkat penghela laju di dalam.

Ubahan di kabin mencakup kombinasi pelapis Alcantara dan kulit hitam. Pola jahitan biru senada cat luar ada di bangku bucket, dasbor dan doortrim. Head unit berupa layar sentuh 8,8 inci menjadi standar, membesar dari 6,5 inci di model sebelumnya.

Jantung mekanis melonjak signifikan. Khususnya B58 milik BMW yang berkonfigurasi enam silinder segaris dengan kubikasi 3,0 liter dan disokong twin-turbo. Kini menghasilkan 387 PS yang keluar di putaran mesin lebih tinggi, yakni 5.800 rpm. Torsi juga naik menjadi 499 Nm di rentang 1.800 – 5.000 rpm.

2 dari 2 halaman

Lebih Kencang

Kenaikannya 14 persen dibanding tipe konvensional yang outputnya 340 PS/5.000 rpm dan 495 Nm/1.600 – 4.500 rpm. Alhasil mampu melesat lebih cepat.

Jika sebelumnya dari posisi nol ke 100 kpj ditempuh 4,3 detik, sekarang 4,1 detik. Pengendaliannya juga makin mantap, lantaran dibikin makin rigid berkat tambahan material aluminium untuk menguatkan bagian depan. Sistem suspensi turut disetel lagi, agar manuver di tikungan lebih mumpuni.

Toyota Supra RZ Horison Blue dilego ¥7,413 juta atau Rp 1,069 miliar. Jalur pemesanan sudah dibuka sejak kemarin (28/04) dan unit dikirim pada Oktober. Sementara untuk model RZ Matte Storm Gray Metallic tak disebutkan ubahan interior secara spesifik.

Namun, perkiraan sama dengan kelir mengikuti bodi. Khusus unit ini dibanderol ¥7,665 juta atau Rp 1,106 miliar. Penjualannya baru mulai sekitar Oktober, tapi sebelum itu Toyota membuka lotre atau undian. Sengaja diinisiasi untuk mengantisipasi permintaan membludak.

Sumber: Oto.com

Lanjutkan Membaca ↓