Sukses

Pemilik Motor dengan Sistem Pengabutan Karburator Mesti Tahu Fungsi Lubang Kecil Ini

Pemilik sepeda motor dengan sistem karburator pasti mengetahui bila komponen ini memiliki lubang yang berfungsi menjaga tekanan udara di dalam floating chamber atau ruang bahan bakar.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik sepeda motor dengan sistem karburator pasti mengetahui bila komponen ini memiliki lubang yang berfungsi menjaga tekanan udara di dalam floating chamber.

Seperti saluran pernapasan, lubang yang terdapat pada karburator merupakan penghubung dengan udara luar. Hal ini membuat tekanan yang terdapat dalam ruang pelampung bekerja dengan baik, seperti dilansir Federal Oil.

Karena tekanan udara terjaga dengan baik, maka bahan bakar akan mengalir sempurna, sehingga proses pengabutan, menjadi lebih maksimal.

Masalah akan terjadi jika lubang kecil pada karburator tersumbat. Tak bisa terhubung, kinerja mesin bisa sangat terganggu dan menyebabkan motor mogo secara tiba-tiba.

Agar ruang karburator terhindar dari kotoran atau air, selang yang menjadi pehubung harus selalu diperhatikan pemilik kendaraan. Jangan sampai terdapat debu dan kotoran karena tak pernah dibersihkan.

Jaga sambungan tetap rapat agar tak ada air dan kotoran yang bisa masuk dan membuat karburator mengalami kendala.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Bersihkan Karburator pakai Bensin, Ini Sebabnya

Perawatan rutin sepeda motor sebenarnya tak harus selalu ke bengkel. Untuk motor yang menggunakan karburator, merawatnya cukup mudah. Jika timbul suara kasar dan saat tarikan motor terasa berat, karburatornya bisa saja kotor.

Suara kasar atau bunyi brebet biasanya disebabkan oleh karburator yang tidak berfungsi dengan baik yang berakibat motor kurang bertenaga dan bisa mogok. Kalau kita ingin mengerjakan sendiri, kita cukup hanya menggunakan cairan pembersih karburator dan injektor.

Saat ini tersedia banyak pembersih karburator atau injeksor di pasaran, seperti Rexco 81. Biasanya pembersih karburator dan injektor sepeda motor ini dapat membersihkan kotoran, karbon, varnish dan gum, sehingga tarikan motor dapat lancar dan konstan kembali.

Cara kerja cairan ini adalah membersihkan saluran masuk, klep, ruang bakar dan saluran buang. Kalau cairannya bagus akan dapat pula membersihkan kerak didalamnya.

"Kami tidak menyarankan membersihkan karburator dengan menggunakan bensin atau solar karena bisa menyebabkan karet yang ada di dalamnya menjadi getas dan mudah untuk sobek," kata Tomy Tambrani, Marketing Manager Rexco Indonesia.

Sementara menurut Aryanto pemilik bengkel Zona Speed yang berlokasi di Jatiwarna, Bekasi, dia menggunakan cairan pembersih khusus dapat merontokkan kotoran dan kerak yang membandel nempel di karburator dan throtle body.

"Kalau sudah dibersihkan, tarikan motor jadi enak lagi dan pastinya sangat menguntungkan karena tidak perlu banyak semprotan sehingga lebih irit pemakaian," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini