Sukses

Pandemi Corona Covid-19 Tak Halangi Volvo Kembangkan Mobil Listrik

Seakan tak peduli dengan pandemi Corona Covid-19, Volvo tetap melanjutkan pengembangan mobil listriknya.

Liputan6.com, Jakarta - Seakan tak peduli dengan pandemi Corona Covid-19, Volvo tetap melanjutkan pengembangan mobil listriknya. Komitmen ini bertujuan mewujudkan visi perusahaan menjual lini elektrifikasi saja, baik bertenaga listrik sepenuhnya atau hibrida pada 2025.

Kepala Strategi Volvo, Marten Leventam mengungkapkan, pihaknya tak ingin berkompromi terkait teknologi ramah lingkungan itu. “Elektrifikasi adalah masa depan Volvo. kami akan melanjutkan rencana ini,” ucapnya.

Seperti diketahui, mereka telah membuka tabir mobil listrik perdananya, XC40 Recharge tahun lalu. Serta opsi hybrid dan plug-in untuk beberapa lini. Sementara anak perusahaannya yang menggarap kendaraan lebih bertenaga, Polestar, sedang bersiap merilis sedan sport elektrik.

Marten mengatakan, pihaknya tak melakukan pengubahan strategi atau timeline. Artinya unit-unit itu masih di jalur, sampai waktu peluncuran.

“Akibat penyebaran virus corona, kami melihat melemahnya pasar dan gangguan produksi akan berdampak pada hasil semester pertama kami. Walau begitu, kami tetap melanjutkan berinvestasi pada teknologi dan produk untuk memastikan masa depan jangka panjang kami,” jelas Marten.

Pusat R&D Volvo di Gothenburg, Swedia saat ini fokus pada pengembangan baterai. Merek yang dimiliki Geely sejak 2010 itu tentunya menghadapi berbagai kendala. Namun, semua dapat diatasi berkat strategi matang, bekerja sama dengan para penyuplai komponen.

Karena komitmen tinggi, penyedia perangkat pembuat baterai mendukung keras usahanya. Volvo sendiri membeli sel baterai dari supplier seperti LG Chem dan beberapa perusahaan lain.

Volvo masih memiliki tugas cukup banyak untuk bisa menyuguhkan mobil elektrifikasi yang kompetitif. Para ahli yang memenuhi fasilitas senilai $60 juta itu harus menciptakan sistem yang mampu menghasilkan performa mumpuni, tapi tetap efisien dan punya tingkat keamanannya tinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tantangan

Tantangan terbesarnya tentu mengintegrasikan baterai ke mobil. Komponen itu dituntut agar dapat tahan dalam menghadapi berbagai kondisi berkendara.

Beragam keuntungan pun diraih ketika mengembangkan sistem baterai sendiri. Para teknisi dapat menyesuaikan perangkat lunak, agar dapat optimal mengontrol tenaga. Karena sumber daya menjadi perangkat termahal, sistem harus sempurna. Pengembangan secara internal turut mengizinkan pihaknya meng-upgrade software lebih mudah.

Evaluasi pun terus dilakukan terutama melihat kemampuan baterai jangka panjang. Ini penting, karena baterai lithium-ion pada mobil tidak sama dengan smartphone.

Komponen itu harus bisa bertahan seumur hidup kendaraan dan bekerja baik dalam suhu bawah nol maupun panas terik. Termasuk keamanannya ketika terlibat dalam kecelakaan yang berpotensi merusak.

Oleh karena itu, Volvo berupaya membuat cangkang untuk melindunginya. Pengujian dilakukan dengan menghabiskan dan mengisi ulang daya secara real time, atau memakai program akselerasi yang mensimulasikan pemakaian 15 tahun.

Tugas terakhir adalah memastikan kapabilitas Volvo dapat beradaptasi terhadap kemajuan teknologi baterai. Ketika supplier menemukan formulasi baru, produsen harus tanggap, agar dapat mengaplikasikan ke dalam lini miliknya.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.