Sukses

Lawan Corona Covid-19, Kemenperin Siapkan AMMDes Penyemprot Disinfektan

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) untuk aktif mengembangkan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes), untuk berkontribusi menanggulangi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah saat ini masih terus berusaha untuk menekan laju penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Indonesia. Bahkan, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) untuk aktif mengembangkan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes), untuk berkontribusi menanggulangi penyakit yang pertama teridentifikasi di Wuhan, Cina tersebut.

“Kami sangat mengharapkan AMMDes-KMW dapat menyediakan beragam kemudahan bagi masyarakat pedesaan, termasuk ikut berperan dalam percepatan penanganan Covid-19 di tanah air,” kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika di Jakarta, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Senin (20/4/2020).

Putu menyampaikan, pihaknya memberikan apresiasi kepada KMWI selaku produsen AMMDes karena telah berhasil merancang AMMDes Water Tank sebagai fasilitas penyemprot cairan disinfektan untuk penanganan penyebaran Covid-19. Unit multifungsi ini dilengkapi dengan tangki berkapasitas 600 liter.

Dengan keunggulan AMMDes yang menggunakan differential lock dan penggunaan ban yang bisa disesuaikan dengan kontur medan yang akan dilalui, diyakini AMMDes tidak akan selip ketika berada di jalan ekstrem dengan infrastruktur yang minim.

"Meski demikian, dalam pengoperasian unit AMMDes untuk disinfektan kami mengimbau dan terus mengingatkan agar dilakukan secara efektif, efisien dan memberi manfaat maksimal," tegas Putu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyemprotan Disinfektan

Sementara itu, penyemprotan disinfektan dengan AMMDes Water Tank ini dilakukan bekerja sama dengan camat, lurah, puskesmas, RT, RW serta tokoh masyarakat. Penyemprotan dilakukan di tempat-tempat yang diyakini beresiko tinggi, seperti taman tempat masyarakat berolah raga di pagi hari dan pada siang hari didatangi masyarakat untuk istirahat atau anak bermain, tempat ibadah yang masih didatangi masyarakat secara terbatas, pasar sayur pagi serta pos keamanan.

"AMMDes dengan aplikasi Water Tank ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai fungsi. Selain untuk fungsi penyemprot cairan disinfektan yang saat ini sedang kami distribusikan ke beberapa tempat, unit ini juga dapat ditandemkan dengan unit AMMDes-KMW penjernih air," pungkas Presiden Direktur KMWI, Reiza Treistanto.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.