Sukses

Pandemi Corona Melanda, Penjualan BMW Justru Naik Pada Kuartal Pertama 2020

Dampak pandemi virus Corona Covid-19 yang terjadi di Indonesia memiliki dampak yang cukup luas, terutama bagi penjualan kendaraan.

Liputan6.com, Jakarta - Dampak pandemi virus Corona Covid-19 yang terjadi di Indonesia memiliki dampak yang cukup luas, terutama bagi penjualan kendaraan. Namun, di tengah kondisi yang cukup sulit ini, penjualan salah satu pabrikan mobil mewah di Tanah Air, BMW justru mengalami peningkatan.

Dijelaskan Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O'tania, untuk target secara global sendiri ada revisi. Pasalnya, pabrik BMW di Jerman tutup sementara karena wabah Covid-19 ini.

"Namun bicara penjualan, sampai kuartal pertama BMW masih memimpin, dengan kenaikan 16 persen (tanpa menyebutkan detail angkanya) dibanding periode sama tahun lalu. Penjualan paling tinggi, tetap seri 3. Kalau ditambah MINI, year to date Maret meningkat 36 persen," ujar Jodie saat teleconfrence bersama media, belum lama ini.

Meskipun optimis, ia menegaskan jika ke depannya memang tidak bisa berjualan seagresif sebelumnya. Tapi, BMW juga akan memilih alternatif penjualan lain, seperti menambahkan model baru dan berjualan secara online, seperti bekerjasama dengan Tokopedia.

"Cara lain juga memberikan pelayanan baru untuk mempermudah pelanggan. BMW masih optimis, terutama untuk kendaraan yang niche (segmen kecil)," tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Market Membaik

Sementara itu, Vice President of Sales BMW Indonesia, Bayu Riyanto mengatakan, penurunan penjualan pastinya akan terjadi di Indonesia. Namun, dari referensi, banyak masyarakat yang lebih banyak ingin membeli mobil setelah pandemi berakhir.

"Menurut saya, dari kacamata sales, pasti ada penurunan karena kondisi ini sudah ada di negara lain, tentu saja kami berharap yang terbaik. Contohnya kita lihat dari market lain, setelah lockdown, mereka membanjiri showroom untuk membeli kendaraan," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

BMW Resmi Luncurkan Seri 3 Touring

BMW Indonesia resmi meluncurkan model terbarunya, all new Seri 3 Touring di Tanah Air. Model ini, resmi mengaspal secara virtual, Jumat (17/4/2020), di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19 yang belum mereda di dalam negeri.

Model ini menjadi tonggak sejarah, karena untuk pertama kalinya BMW Indonesia memasarkan tipe bodi Touring untuk lini BMW Seri 3 di Indonesia. Selain itu, model ini juga akan menjadi peluncuran tipe bodi touring atau Station Wagon yang pertama kali diluncurkan secara resmi di Indonesia.

"BMW percaya bahwa The 3 Touring akan terus memperkuat warisan The 3, dan mempertahankan posisinya sebagai pemimpin di segmen mid-sedan premium di Indonesia," jelas Jodie O'tania, Director of Communications BMW Group Indonesia, selama peluncuran virtual BMW Indonesia, Jumat (17/4/2020).

Selain itu, tidak hanya meluncurkan all new BMW Seri 3 Touring, pabrikan mobil premium asal Jerman ini juga menandai kerja sama dengan sebuah platform jual beli secara online di Indonesia.

All-new BMW 320i Touring M Sport ini dilengkapi dengan mesin generasi terbaru dari BMW TwinPower Turbo empat-silinder, dua-liter yang menghasilkan tenaga hingga 184 hp dan torsi 300 Nm, sehingga dapat melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam 7.5 detik.

Harganya, tersedia dalam jumlah terbatas all new BMW 320i Touring M Sport iani dibanderol Rp. 1,289 miliar off the road.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini