Waduh, 5 Makanan dan Minuman Ini Bisa Turunkan Imun Tubuh

Oleh Liputan6.com pada 17 Apr 2020, 06:04 WIB
Diperbarui 17 Apr 2020, 08:31 WIB
Liputan 6 default 4
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta - Daya tahan atau sistem imun tubuh memiliki peranan penting untuk melawan serangan penyakit dari luar. Terutama saat pandemi Corona Covid-19 yang melanda Indonesia saat ini.

Ada beberapa makanan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, tapi ada juga yang menurunkan daya tahan tubuh, mulai dari kopi hingga alkohol. Berikut makanan dan minuman yang bisa turunkan imun tubuh seperti dikutip laman Boldsky.

1. Kopi

Berbagai studi telah ungkap manfaat baik dari kopi. Tapi jika berlebihan atau dikonsumsi mendekati jam tidur mampu menurunkan daya tahan tubuh. Kopi memberi efek tubuh terus terjaga, jika dikonsumsi mendakati jam tidur mampu membuat sulit tidur. Kurang tidur mampu menurunkan imunitas tubuh. 

2. Soda

Soda merupakan minuman tinggi gula, tak memiliki nutrisi, dan adanya asam fosfat mengurangi kemampuan tubuh menyerap kalsium dan magnesium.

 

3. Makanan yang Digoreng

ilustrasi bakwan tahu/resepkoki
Perbesar
ilustrasi bakwan tahu/resepkoki

Jika mau jujur, makanan yang digoreng itu memang lezat. Namun jika berlebihan mampu menaikkan berat badan dan menurunkan daya tahan tubuh.

4. Daging Merah

Jika konsumsi secukupnya, daging merah akan memberikan banyak manfaat pada tubuh. Tapi sebuah penelitian menunjukkan bahwa daging merah berdampak buruk pada tubuh karena sulit untuk mencerna gula alami.

5. Makanan Olahan

Nugget, sosis, dan makanan olahan lain memang nikmat, sekaligus menghancurkan sistem kekebalan tubuh. Bahan-bahan dan gula yang terdapat di dalamnya mengacaukan sistem imun tubuh. 

Sumber: Health Liputan6.com ditayangkan 05 Okt 2015, 09:00 WIB

Penulis: Benedikta Desideria

Saksikan Video Pilihan di Bawah:

Lanjutkan Membaca ↓