Sukses

Mumpung WFH, Yuk Bersihkan Riding Gear

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di rumah selama penerapan work from home (WFH) adalah membersihkan riding gear, seperti helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di rumah selama penerapan work from home (WFH) adalah membersihkan riding gear, seperti helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu.

"Banyak pengendara sepeda motor langsung menyimpan perlengkapan berkendaranya seperti jaket, helm, sarung tangan dan bahkan ada yang menyimpan di tempat yang tidak semestinya," buka Ludhy Kusuma sebagai Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora.

Padahal kondisi demikian berisiko merusak, karena keringat masih menempel di permukaan lapisan kulit riding gear. Terutama pada saat kondisi hujan, sehingga membuat riding gear menjadi basah.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merawat riding gear:

1. Saat tiba di rumah riding gear seperti jaket, sarung tangan, dan sepatu yang basah sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu dan di simpan di ruangan yang terbuka dengan kondisi cahaya lampu yang cukup.

Tujuannya, agar menjaga kondisi ruangan tetap hangat yang membantu riding gear tersebut cepat kering.

Namun jika kondisi riding gear tersebut cukup kering, bersihkan dengan menggunakan lap.

2. Untuk helm sebaiknya di lap dan dibersihkan dahulu terutama bagian kaca agar tidak ada kotoran yang menempel, karena pada akhirnya kotoran dapat menyebabkan kaca berjamur.

"Untuk bagian dalam dari helm yang bisa dibuka sebaiknya dijemur dan dibersihkan agar kering dari keringat setelah berkendara," imbuh Ludhy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Lainnya

3. Seluruh riding gear seperti helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu tetap dijaga kelembabannya. Tujuannya agar riding gear tidak cepat rusak seperti terkelupas karena terlalu kering atau terlalu lembab.

Kondisi lembab juga mengakibatkan timbulnya jamur atau bakteri.

4. Disarankan menggunakan pengharum khusus riding gear untuk tetap menjaga kondisi kelembapan permukaan dari riding gear tersebut.

5. Secara rutin membersihkan jika mulai terlihat ada debu dan kotoran yang menempel serta memberikan pengharum yang biasa digunakan agar kondisi riding gear seperti helm, jaket, sarung sangan, sepatu dapat selalu nyaman dikenakan.

6. Jika diperlukan, silakan menggunakan cairan disinfektan dengan cara dilap ke bagian-bagian yang dirasa sering disentuh dan terlihat kotor.

"Hal ini juga perlu dilakukan secara rutin terutama untuk jaket, sarung tangan, dan sepatu dengan bahan kulit agar kondisinya tetap nyaman digunakan," pungkasnya.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini