Inikah Wujud Generasi Terbaru Nissan X-Trail?

Oleh Liputan6.com pada 07 Apr 2020, 15:01 WIB
Diperbarui 07 Apr 2020, 15:01 WIB
Nissan
Perbesar
Hasil render calon penerus Nissan XTrail. (Kolesa)

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini Kolesa.ru menyelesaikan hasil rendering generasi penerus Nissan X-Trail berkat bocoran yang berasal dari dokumen paten Kementerian Perekonomian Brazil.

Temuan foto paten oleh Motor1 di Brazil sekiranya memberi wawasan terkait rancangan luar. Dapat dipastikan besar perubahan cenderung bermain di zona aman.

Bukan berarti tidak berubah, hanya saja tidak sedrastis dari model yang kini masih beredar. Profil SUV jenama asal Jepang ini tetap dipertahankan seperti pendahulu, begitupun elemen desain lain.

V-Motion grille terpampang manis di moncong. Sedikit berubah, ornamen kromium melekat persis membingkai grille. Garis permukaan bonnet cenderung datar dan kaku, mengalir berlekuk ke arah fender.

Kendati begitu, evolusi paling jelas dituangkan pada permainan mata. Berkaca pada postingan akun Instagram Cochespias, Rogue kemungkinan besar mendapatkan komposisi lampu ala Juke. Bedanya, X-Trail dibuat horizontal bertumpuk.

Ruang atas ditujukan sebagai DRL dan lampu sein. Ya, pijar kuning berkedip bakal mengisi ruang lampu sebesar itu. Barulah baris bawah menjadi sumber penerangan utama di malam hari, bertengger dalam pahatan intake samping.

Melirik bagian samping, sekilas hampir tidak berubah. Garis kaca erat berkaitan dengan model terkini, terutama beltline mengangkat di baris ketiga. Namun, terdapat penyempurnaan elemen desain.

Sudut dipertajam serta eksekusi frame kaca bagian atas melanjutkan guratan sampai membatasi pilar D. Di bokong, spoiler segaris ditanggalkan demi komponen ‘gondrong’ di samping. Lampu horizontal dipertegas definisi lekuk, menonjolkan bagian atas bagasi.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkiraaan Kemunculan

Bagian interior pernah bocor meski masih ditutup-tutupi. Ekspektasikan kabin didominasi monitor, pada sistem infotainment sampai panel instrumen. Rancangan mungkin terlihat naik kelas dan mewah. Seperti pada desain shifter transmisi otomatis dalam konsol tengah minimalis.

Seluruh desain eksterior X-Trail seolah sudah ditelanjangi sebelum resmi meluncur. Tak ada lagi misteri. Namun yang sampai saat ini masih menjadi spekulasi adalah sektor pemacu daya.

Entah akan direvisi dari model sebelum atau tidak. Untuk saat ini X-Trail/Rogue sendiri dibekali pemacu daya 2.500 cc dengan output tenaga sebesar 171 ps disertai puntiran sekuat 237 Nm.

Tidak menutup kemungkinan Nissan membekali X-Trail mesin turbo berkubikasi kecil lantaran mereka juga punya opsi unit itu.

Ada kemungkinan dalam beberapa bulan ke depan Nissan menyingkap Rogue/X-Trail di dunia maya. Harapkan saja resmi sebelum 2020 berakhir.

Jadi pertanyaan adalah, apakah nameplate ini bakal meluncur juga di Indonesia? Jawabannya bisa jadi, lantaran Nissan Motor Indonesia pernah menyatakan tidak akan angkat kaki meski pabrik Datsun ditutup. Mereka pun berencana untuk membawa produk segar masuk sini. Kita tunggu saja.

Sumber: Oto.com

Lanjutkan Membaca ↓