Sukses

Rangkul General Motors, Honda Siapkan 2 Mobil Listrik Baru

General Motors (GM) dikabarkan siap membantu Honda untuk membuat dua mobil listrik. Unit versi produksi kelak bakal tersedia di dealer Amerika Utara mulai 2024.

Liputan6.com, Jakarta - General Motors (GM) dikabarkan siap membantu Honda untuk membuat dua mobil listrik. Unit versi produksi kelak bakal tersedia di dealer Amerika Utara mulai 2024.

Mobil listrik Honda nantinya menggunakan teknologi baterai Ultium dan platform modular EV (electric vehicle) milik GM. Meski memang pabrikan asal Jepang itu juga memberikan penyesuaian. Selain platform dan sumber daya, Honda menggarap eksterior dan interior mobil. Tujuannya untuk memastikan konsistensi dari tampilan lini yang dimiliki, serta memenuhi keinginan masyarakat yang sudah familiar dengan brand berlambang H itu. Belum diketahui model apa yang dikerjakan, kemungkinan sedan dan SUV.

Ultium sendiri dikenalkan GM pada awal bulan lalu. Baterainya berdasar kobalt, dengan sel yang bisa ditumpuk secara vertikal maupun horizontal. Sehingga bisa mengoptimalkan penyimpanan energi baterai, sekaligus mengikuti layout dari beragam tipe kendaraan berbeda. Kapasitasnya macam-macam, mulai 50 sampai 200 kWh. GM mengestimasi daya segitu mampu melajukan mobil sampai 643 km. Perangkat itu bisa mentenagai motor dengan konfigurasi rear-wheel, front-wheel atau all-wheel drive. Bisa buat sedan, SUV bahkan sampai truk. Kemampuan mengisi daya juga cepat, alias fast-charging.

Kerja sama ini bukan pertama kalinya. Pada 2004, Honda pernah menciptakan mesin V6 untuk model Saturn Vue milik GM. Lalu Honda menjadi investor anak perusahaan GM, Cruise. Dari situ terjadi upaya pengembangan kendaraan elektrik otonom. Model pra-produksi Cruise Origin pun dikenalkan pertama kali pada awal tahun. Untuk kebutuhan perakitan, GM mengungkap kebutuhan investasi sebesar $ 2,2 miliar untuk pabrik Hamtramck di Detroit. Infonya, dua mobil elektrifikasi Honda lahir di situ.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mempercepat Implementasi Roadmap Elektrifikasi

Wakil Presiden Eksekutif American Honda Motor Co., Inc, Rick Schostek mengungkap, kemitraan yang diperluas ini akan membuka skala ekonomi untuk mempercepat implementasi roadmap elektrifikasi. "Kolaborasi menyatukan kekuatan kedua perusahaan, sementara skala gabungan dan efisiensi manufaktur pada akhirnya akan memberi nilai lebih besar kepada pelanggan," terang Rick dalam keterangan resminya.

Sebagai bagian dari kesepakatan, Honda akan memakai sistem keselamatan dan keamanan OnStar GM ke dalam kedua mobil. Sistem itu turut terintegrasi dengan HondaLink. Sebagai tambahan, Honda juga berencana menghadirkan teknologi hands-free advanced driver-assist GM.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini