Maaf, Inden Kawasaki Ninja ZX-25R Juga Ditunda

Oleh Liputan6.com pada 03 Apr 2020, 10:02 WIB
Diperbarui 03 Apr 2020, 10:02 WIB
Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mulai memamerkan Ninja 250 cc 4-silinder atau Ninja ZX-25R
Perbesar
Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mulai memamerkan Ninja 250 cc 4-silinder atau Ninja ZX-25R (ist)

Liputan6.com, Jakarta - Kawasaki Motor Indonesia (KMI) telah memutuskan untuk menunda kembali perkenalan NinjaZX-25R kepada publik. Tidak cuma itu, pre-order Ninja 4 silinder itupun turut ditunda.

Awalnya, KMI memang berencana merilis Ninja ZX-25R di ajang Kawasaki Bike Week (KBW) 2020. Tapi, dampak dari pandemi corona membuat mereka memundurkan jadwal perhelatannya. Yang berarti batal juga peluncuran si produk. Meski begitu mereka tampak enggan kehilangan momentum, mengingat penampakan sang kuda besi juga kepalang disebar.

Bertepatan dengan pembatalan acara itulah muncul informasi tambahan. Masyarakat yang penasaran, dapat mengunjungi langsung Kawasaki Abdul Muis, Jakarta Pusat. Dan, mulai 4 April 2020, calon konsumen sudah bisa melakukan pemesanan. Khusus mereka yang ada di wilayah Jabodetabekser, pre-order dilayani showroom tersebut. Namun buat pembeli di luar itu, pengajuan dilakukan ke diler setempat.

Tapi, corona membatalkan lagi niatan KMI lakoni debut ZX-25R di Indonesia. Hal itu sudah diungkap melalui media sosial.

"Dikarenakan wabah COVID-19, kami mengumumkan pembatalan untuk memajang Ninja ZX-25R di Kawasaki Abdul Muis pada 4 April 2020. Ini adalah bentuk kepedulian kami untuk menaati peraturan social & physical distancing yang ditetapkan oleh pemerintah. Kami harap seluruh pecinta Kawasaki dapat mengerti dan tetap menunggu produk yang telah dinanti ini," tulis akun resmi KMI.

Bahkan dalam keterangan video ditulis, keputusan itu juga meliputi pembatalan inden Ninja ZX-25R. Padahal, Sucipto Wijono, Line Head Sales and Production Department Marketing and Sales Division KMI, mengaku sudah ada peminat Ninja 250 cc generasi terbaru ini.

"Peminatnya sudah ada. Tapi dengan kondisi sekarang ini, terpaksa perkenalan itu kami batalkan karena berkaitan dengan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak. KMI tetap mendukung anjuran pemerintah," katanya kepada Oto.com (2/4).

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pre-order Dibatalkan

Lantas, kenapa proses pre-order ZX-25R juga batal? Ia tak menjelaskannya secara spesifik, namun tersirat KMI ingin pemesanan berjalan seraya perkenalan produk.

Dimulai dengan pemberitahuan harga Ninja ZX-25R, hingga mengungkap pendistribusiannya ke tangan konsumen berjalan. Tapi dalam kondisi saat ini, mereka seperti menunggu ketidakpastian.

Kendati tak bicara soal waktu, Sucipto mengatakan pihak pemegang merek tengah mencari cara terbaik. Termasuk pilihan meluncurkan Kawasaki Ninja ZX-25R secara online?

"Cara itu sudah masuk dalam list kami. Tapi, lagi-lagi kami kembali kepada kebiasaan konsumen. Mereka ingin lihat dan pegang langsung barangnya," terangnya lagi.

Padahal tak melulu demikian. Buktinya, diler Kawasaki Greentech Riau sudah meraup lebih dari 40 pesanan. Sudah jelas, peminat ZX-25R di sana belum melihatnya secara langsung. Menurut pengakuan pihak jaringan penjualan, animo itu ada karena rasa penasaran mereka. Salah satu tawaran menggugah tentu saja performa. Ninja ZX25-R mengandalkan mesin 4-silinder berkemampuan buas, hampir 50 Hp.

Bukan cuma itu, motor ini juga disemati teknologi seperti Power Modes dan Kawasaki Traction Control (KTRC). Ada pula Kawasaki Quick Shifter (KQS) yang tak dimiliki rival selevel.

Namun, banyaknya permintaan ini juga tak lepas dari kemudahan yang diberikan Greentech Riau tidak mengenakan uang tanda jadi (booking fee) kepada konsumen, melainkan hanya memberikan data berupa KTP dan nomor telepon.

Sumber: Oto.com

Lanjutkan Membaca ↓