Sukses

Panic Buying Bukan Solusi, Ini Enam Bahan Baku yang Mesti Dibeli

Sejak Covid-19 dinyatakan sebagai pandemi oleh WHO, masyarakat panik dan memborong barang kebutuhan sehari-hari. Akibatnya, persediaan kebutuhan pokok di pasar dan swalayan cepat habis dalam waktu sekejap.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak Covid-19 dinyatakan sebagai pandemi oleh WHO, masyarakat panik dan memborong barang kebutuhan sehari-hari. Akibatnya, persediaan kebutuhan pokok di pasar dan swalayan cepat habis dalam waktu sekejap.

Situasi ini terjadi di banyak negara. Tapi sebenarnya, kita tidak perlu khawatir dengan situasi ini hingga melakukan panic buying. Hindari membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kita perlukan.

Ada beberapa tips agar kebutuhan pokok tetap tercukupi saat pandemi. Dilansir dari Times of India, setidaknya ada enam kebutuhan sehari-hari yang harus dipersiapkan selama pandemi corona Covid-19 untuk menghindari panic buying.

Beras

Bagi masyarakat yang makanan pokoknya nasi, termasuk di Indonesia, beras jadi salah satu kebutuhan utama yang harus selalu tersedia. Meski begitu bukan berarti kita harus membeli beras dalam jumlah sangat besar.

Alasannya, hal itu bisa menimbulkan masalah di kemudian hari. Beras dalam jumlah besar tidak akan baik disimpan terlalu lama karena kualitas dan nilai gizinya akan semakin berkurang.

Karena itu, beli beras dalam jumlah wajar selama pandemi. Misalnya, Anda terbiasa membeli beras 5 kilogram, maka belilah 10 kilogram selama pandemi.

Sereal dan Telur

Sereal, telur, roti dan mentega adalah bahan makanan yang bisa dikonsumsi dengan berbagai cara dan beragam kreasi.

Tak perlu panic buying, beli kebutuhan ini dalam jumlah dua kali lipat untuk menjaga kesehatan tubuh selama pandemi. Bahan makanan ini pun bisa disimpan untuk waktu cukup lama.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan Kaleng

Makanan kaleng merupakan solusi umum dan praktis saat darurat. Karena itu, beli minimal dua makanan kaleng berisi ikan, buah dan sayuran.

Roti Mentega dan Saus

Roti mentega dapat membuatmu cepat merasa kenyang dan mudah dikonsumsi. Sementara, saus bisa digunakan sebagai topping hampir pada berbagai makanan, baik itu untuk mi instan, roti atau pizza.

Sayuran

Beberapa sayuran seperti wortel, kentang, dan bawang dapat bertahan lama ketika disimpan daripada jenis sayuran lainnya. Jika mereka sedikit lunak, rendam dalam air es untuk membuatnya keras lagi.

Perlengkapan Kamar Mandi

Sabun cuci, sabun mandi, sikat gigi dan berbagai perlengkapan mandi juga perlu disediakan dalam jumlah lebih selama pandemi corona Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini