Sukses

Gunakan Sistem Drive Thru, Ini Penampakan Tes Corona Covid-19 di Bogor

Resmi menggunakan sistem drive thru, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membagikan beberapa foto masyarakat yang sedang mengikuti tes Corona Covid-19 di Bogor.

Liputan6.com, Jakarta Resmi menggunakan sistem drive thru, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membagikan beberapa foto masyarakat yang sedang mengikuti tes Corona Covid-19 di Bogor.

Melalui Instagram pribadinya, @ridwankamil, terlihat sejumlah kendaraan roda empat mengantre saat harus melakukan tes. Dalam keterangan foto, mantan Walikota Bandung tersebut juga menjelaskan bila tes mulai dilakukan untuk kategori B (profesi-profesi yang interaksi sosialnya tinggi).

Tak perlu turun dari mobil yang digunakan, petugas kesehatan yang menggunakan perlengkapan alat pelindung diri (APD) mengambil sampel dari kaca kendaraan yang terbuka.

Agar tak terjadi kericuhan, tes yang dilakukan sesuai dengan surat panggilan dan nomor antrean. Bagi masyarakat yang tidak memiliki kendaraan, Ridwan juga menegaskan pihak RW harus memfasilitasinya.

Dengan tes masif yang dilakukam, Ridwan Kamil berharap peta persebaran virus Corona Covid-19 mulai terlihat jelas, sehingga tindakan pemerintah bisa lebih terukur dan cepat.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Saksikan Fotonya di Bawah Ini

 
 
 
View this post on Instagram

DRIVE THRU TES MASIF COVID-19 untuk kategori B (profesi-profesi yang interaksi sosialnya tinggi) sudah dimulai. Tidak ada turun dari kendaraan, sesuai surat panggilan dan nomor antrian, dan tidak ada interaksi fisik langsung. Hasilnya dikirim ke hape maaing-masing. Yang tidak punya kendaraan, akan difasilitasi oleh pengurus RW masing-masing di wilayahnya. Tes masif kategori A (ODP,PDP beserta keluarga dan teman2 dekatnya, Dokter dan Nakes ) sudah selesai, dan sedang direkap hari ini. Sementara hasil ada sekian persen yang positif. . Dengan tes masif ini, Insya Allah peta persebaran sudah mulai terlihat jelas. Dan tindakan kita, bisa lebih terukur dan lebih gesit. Hatur Nuhun. Foto drive thru ini dilakukan di Kota Bogor.

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil) on

3 dari 3 halaman

Tes Corona Covid-19 dengan Sistem Drive Thru Juga Dilakukan Beberapa Negara

Berbagai upaya dilakukan seluruh negara di dunia untuk menekan penularan virus Corona Covid-19. Salah satu yang banyak dilakukan ialah melakukan tes dengan sistem drive thru.

Tanpa harus turun dari mobil, masyarakat yang memiliki gejala dan harus melakukan tes diimbau untuk datang ke sebuah tempat dengan menggunakan mobil pribadi.

Setelah sampai, pasien hanya perlu menunggu di dalam kendaraan dan petugas akan mengambil sampel yang dibutuhkan tanpa pasien harus keluar dari dalam kendaraan.

Seperti dilansir Dailymail, Jerman, Inggris, dan Korea Selatan adalah beberapa negara yang telah menggunakan metode drive thru untuk mencegah terjadinya penularan lebih besar.

Selain ketiga negara tersebut, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat juga menggunakan sistem ini untuk melakukan tes kepada pasien yang diduga terjangkit virus Corona Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.