Sukses

Fitur-Fitur Canggih Toyota Avanza yang Tak Ada di Indonesia

Toyota Avanza tak hanya dipasarkan di Indonesia saja, LMPV ini juga diekspor ke berbagai negara. Mulai dari Malaysia hingga Meksiko. Setiap negara memiliki spesifikasi tersendiri, sehingga fitur-fiturnya berbeda dengan yang dipasarkan di Indonesia. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Avanza tak hanya dipasarkan di Indonesia saja, LMPV ini juga diekspor ke berbagai negara. Mulai dari Malaysia hingga Meksiko. Setiap negara memiliki spesifikasi tersendiri, sehingga fitur-fiturnya berbeda dengan yang dipasarkan di Indonesia. Apa saja?

Vehicle Stability Control

Perangkat Vehicle Stability Control (VSC) berperan penting untuk menjaga sikap manuver saat berbelok. Melalui VSC, gejala-gejala selip seperti oversteer maupun understeer dapat diminimalisir. Cukup krusial untuk Avanza, lantaran memiliki ground clearance dan profil tubuh tinggi. Salah kendali tanpa VSC bisa berakibat selip, bahkan berujung fatal seperti terguling. Mengerikan, disayangkan kita tak kebagian fitur itu.

Namun beda cerita di Uni Emirat Arab. Dari tiga varian ditawarkan – SE, GLS, GLX – semua sudah menganut peranti kontrol stabilitas. Melengkapi fitur pengereman ABS dan EBD agar tiap manuver terkendali dengan baik. Dual Airbag dihadirkan sebagai tambahan perlindungan kala celaka tak terhindari.

Toyota Avanza berbekal VSC ini dijajakan oleh Al-Futtaim Motors mulai dari 63.500 Dirham atau setara Rp 286 jutaan. Tidak seperti skenario pemasaran Indonesia, di sana hanya terdapat satu opsi mesin 1.500 cc. Tanpa varian ekstra sejenis Veloz atau apapun itu.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Front Camera, Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert

Mendengar fitur seperti Blind Spot Monitor ditambah Rear Cross Traffic Alert, pasti terbayang mobil berkelas. Mau itu crossover premium seperti Mazda CX-30 sampai jajaran Mercedes umumnya disematkan peranti ini. Tidak terbayang eksis di Avanza. Namun jangan iri, Avanza di Malaysia sudah menganut fitur keselamatan lengkap rasa premium.

BSM dan RCTA bantu menginformasikan kepada pengemudi terkait rintangan yang tak terlihat di samping belakang. Indikator pada kaca spion bakal menyala ketika ada mobil berdekatan di samping belakang. Juga bakal memberitahu saat akan keluar mundur dari tempat parkir misalnya. Bukan sekadar imajinasi kalau mengharapkan fitur safety ala mobil mewah Eropa hadir di model sekelas Avanza.

Tak hanya itu, Avanza di Malaysia dibekali dashcam bawaan. Front Digital Video Recorder merekam seluruh kegiatan di hadapan mobil, dapat diakses suatu waktu jika dibutuhkan bukti rekaman. Kelengkapan ini ditawarkan pada varian tertinggi 1.5 S+. Dilego UMW Toyota Motor Sdn Bhd RM 87.888, sekitar Rp 329 jutaan.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.