Ingat, Ban Cadangan Juga Perlu Dirawat

Oleh Dian Tami Kosasih pada 18 Mar 2020, 11:14 WIB
Diperbarui 18 Mar 2020, 11:14 WIB
ban serep atau ban cadangan

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan yang diniagakan di Indonesia wajib dilengkapi dengan ban cadangan. Hal ini sesuai dengan peraturan yang berlaku. Antisipasi adanya kebocoran dan kerusakan pada ban utama saat berkendara menjadi salah satu alasannya.

Sayangnya, ban cadangan kondisinya sering terabaikan. Padahal posisinya sangat penting terlebih saat mengalami ban bocor atau pecah ban.

Oleh karenanya pemilik kendaraan sebaiknya selalu merawat dan mempersiapkan ban cadangan agar siap saat akan digunakan.

Seperti dilansir Garda Oto, hal paling utama dalam menjaga kualitas ban serep adalah menjaga tekanan udara agar selalu stabil. Tak lupa mengecek apakah karet ban masih layak digunakan.

Anda dapat membawa ban serep ke bengkel untuk mengecek kualitas karet ban yang digunakan. Bila pemilik enggan membawa ban ke bengkel, Anda bisa mengoleskan semir ban agar ban serep tidak mudah rusak.

Ban yang diletakkan di dalam bagasi akan lebih cepat rusak karena jarang terkena udara luar. Untuk mendapatkan ban serep dalam kondisi terbaik, Anda bisa merotasi ban untuk menjaga kualitas karet ban.

2 dari 2 halaman

Rotasi Ban

Merotasi ban juga membuat tingkat keausan ban tetap merata, sehingga ban cadangan bisa berfungsi maksimal saat digunakan.

Lakukan pengecekan ban utama dan ban serep secara berkala agar Anda dapat berkendara dengan aman dan nyaman.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Merasakan Toyota Rush Generasi Terbaru