Sukses

Ingat, Mulai Hari Ini MRT dan Transjakarta Beroperasi Mulai Pukul 6 Pagi Hingga 6 Petang

Guna mencegah penyeberan Virus Corona atau Covid-19, jam operasional Tranjakarta, MRT Jakarta dan LRT Jakarta berubah jam operasionalnnya mulai hari ini. Hal itu disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Bawesdan.

Liputan6.com, Jakarta Guna mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19, jam operasional Tranjakarta, MRT Jakarta dan LRT Jakarta berubah mulai hari ini. Hal itu disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Bawesdan.

Anies menyatakan, ketiga transportasi itu hanya akan beroperasi pada pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Jumlah bus dan rangkaian kereta juga akan dikurangi.

"Rangkaian MRT yang setiap hari ada 16 rangkaian akan berubah menjadi empat rangkaian," kata Anies di Balaikota, Jakarta Pusat, Minggu (15/3/2020).

Jadwal kedatangan juga menjadi lebih lama yakni 20 menit sekali. Sebelumnya kedatangan kereta MRT setiap 5-10 menit sekali.

Untuk LRT Jakarta juga mengalami perubahan waktu kedatangan, yakni dari 10 menit sekali menjadi 30 menit sekali.

"Transjakarta yang saat ini melayani 248 rute akan diubah signifikan, dikurangi hanya menjadi 13 rute," ucapnya.

 

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengurangan Interaksi Fisik di TransJakarta

Penetapan ini dimaksudkan untuk mengurangi interaksi fisik antar penumpang. Tidak saja di dalam bus tapi juga di di halte yang melintas di 13 koridor. Hal ini dilakukan dengan memberikan jarak antar individu sejauh satu hingga dua meter dalam ruang publik transportasi seperti di halte dan di dalam bus.

Untuk di halte, Transjakarta akan memberikan marka di mana pelanggan harus berdiri dengan jarak yang sudah diatur. Untuk di Bus, pelanggan akan dilakukan pengaturan jarak duduk sehingga meminimalisasi interaksi fisik antar pelanggan.

Transjakarta juga akan menerapkan pembatasan jumlah pelanggan pada halte dan mengharapkan kesabaran pelanggan untuk ikut dalam tata tertib yang telah diberlakukan.

Lebih jauh Transjakarta melipatgandakan sanitasi halte dan bus dengan melakukan pencucian bus dan interiornya lebih sering, melakukan pembersihan seluruh interior halte dengan interval yang lebih sering juga pemasangan seluruh hand sanitizer di bus dan memastikan ketersediaan isi ulangnya di halte dan bus seperti yang diungkap dari laman transjakarta.co.id.

3 dari 3 halaman

Rute TranJakarta 16 - 30 Maret 2020

1. BLOK M – KOTA

2. PULO GADUNG 1 – HARMONI

3. KALIDERES – PASAR BARU

4. PULO GADUNG 2 – TOSARI

5. KAMPUNG MELAYU – ANCOL

6. RAGUNAN – HALIMUN

7. KAMPUNG RAMBUTAN – KAMPUNG MELAYU

8. LEBAK BULUS – HARMONI

9. PINANG RANTI – PLUIT

10. PGC 2 – TANJUNG PRIOK

11. KAMPUNG MELAYU – PULO GEBANG

12. PENJARINGAN – SUNTER BOULEVARD BARAT

13. PURI BETA – BLOK M

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • virus corona