Cek Enam Bagian Ini Saat Berburu Motor Sport Bekas

Oleh Dian Tami Kosasih pada 13 Mar 2020, 17:32 WIB
Diperbarui 13 Mar 2020, 17:32 WIB
Motor sport bekas

Liputan6.com, Jakarta - Membeli motor sport baru dari dealer tentunya mesti merogoh kocek cukup dalam. Oleh karena itu, beli yang berstatus seken bisa jadi solusi memi mewujudkan hasrat memiliki motor sport.

Meski demikian, ada beberapa hal yang harus selalu diwaspadai saat membeli motor sport bekas.

Sedikitnya ada enam bagian pada motor sport seken yang mesti Anda cek. Berikut ulasannya seperti dilansir Federal Oil:

Hal pertama ialah mengecek bagian mesin. Menjadi hal yang penting, Anda sebaiknya melihat apakah terdapat rembesan oli.

Jika terdapat rembesan oli dari blok mesin, berarti karet sil pada kendaraan sudah tidak berfungsi dengan baik. Selain itu, lihat apakah ada komponen retak atau pecah, saat terjadi rembesan.

Untuk mengetahui mesin masih bagus atau tidak, Anda bisa menghidupkan motor dan mendengarkan apakah terdapat bunyi aneh.

Jika terdapat suara mesin yang aneh di sekitar head silinder, bisa karena setelah klep yang mulai renggang atau rantai keteng yang sudah mulai kendur.

Namun, jika bunyi mesin berada di bagian tengah mesin, kemungkinan bearing kruk as sudah renggang atau stang piston sudah mulai rusak.

Hal lain yang harus di cek adalah spidometer. Lihat STNK dan hitung jarak tempuh yang tertera. Jika motor sudah berusia lebih dari 3 tahun tapi jarak tempuh hanya puluhan ribu, Anda patut curiga.

Jika motor benar-benar motor sehat, biasanya panel meter, lampu-lampu indikator, petunjuk bbm, dan penghitung jarak tempuh masih berfungsi dengan baik.

2 dari 2 halaman

Langkah Ketiga

Langkah ketiga adalah mengecek kelistrikan motor. Jika kelistrikan tidak bagus, Anda harus mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan perbaikan.

Cek semua sistem mulai dari lampu-lampu baik lempu belakang, lampu depan serta lampu sein.

Keempat lakukan test ride, hal ini sangat penting agar Anda benar-benar mengetahui kualitas motor sport bekas yang akan dibeli.

Dengan test ride Anda bisa melakukan perpindahan gigi dan menarik kopling. Rasakan apakah ada yang salah dengan kendaraan.

Kelima, cek bagian kaki-kakinya. Kendaraai motor dengan melewati jalan rusak dan melibas polisi tidur. Rasakan apakah shockbreaker masih dapat meredam guncangan dengan normal.

Terakhir, periksa tangki bahan bakar karena motor dengan umur di atas 5 tahun akan mendapatkan karat di bagian tangki. Lihat juga kondisi bahan bakar yang terdapat pada tangki.

Jika bensin terlihat keruh, ini bisa menjadi indikasi kalau motor sudah lama tidak digunakan.

Lanjutkan Membaca ↓