Sukses

Ini Empat Masalah Umum Pada Mobil Matik

Ketimbang mobil transmisi manual, mobil matik dinilai lebih mudah dan nyaman dikendarai terlebih saat menerjang kemacetan. Maka tak heran jika transmisi jenis ini lebih diminati masyarakat perkotaan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketimbang mobil transmisi manual, mobil matik dinilai lebih mudah dan nyaman dikendarai terlebih saat menerjang kemacetan. Maka tak heran jika transmisi jenis ini lebih diminati masyarakat perkotaan.

Meski demikian, mobil matik juga memiliki beberapa masalah yang sering dihadapi, salah satunya tak mau berjalan meski pedal gas telah diinjak.

Berikut empat hal yang menjadi penyebab mobil matik tak mau berjalan, seperti dilansir Garda Oto:

1. Mesin Mengalami Slip

Penyebab umum mobil matik tak mau jalan ialah mesin mobil mengalami slip. Hal ini terjadi saat mobil yang telah berpindah gigi, justru hilang tenaga dan mesin malah meraung.

Pemilik dapat melakukan mengecek masalah ini dengan menjalankan mobil dari transmisi D. Tambah akselerasi mobil tanpa memindah tuas transmisi. Apabila terdengar suara mesin meraung, dapat dipastikan mesin mobil mengalami slip.

2. Tersendat

Mobil matik yang tersendat membuat kendaraan tak dapat berjalan. Tanda masalah ini ialah hentakan yang terjadi saat melakukan memindahkan gigi.

Setelah hentakan, mobil akhirnya tak bisa berjalan. Bila mengalami sendatan, segera cek kondisi mesin mobil atau membawa ke bengkel terdekat.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Gigi Tak Dapat Berpindah Secara Otomatis

Ketika tuas transmisi berada di posisi D, perpindahan gigi akan dilakukan secara otomatis. Namun jika mobil tidak bisa berjalan, masalah terdapat pada perpindahan gigi.

Masalah ini dapat diketahui ketika pengemudi menginjak gas namun suara mesin sama seolah gigi tidak berpindah. Hal ini dapat menyebabkan gas tak menyala dan mobil tidak bisa berjalan.

4. Tuas Transmisi Tidak Bisa Digeser

Pada mobil matik, tuas transmisi mempunyai peranan yang penting. Masalah pada tuas transmisi dapat menyebabkan mobil tidak mau berjalan, seperti tuas transmisi sulit digeser.

Meskipun knob pembuka kunci sudah dibuka, tuas pindah gigi tidak dapat digerakkan, sehingga mobil tak dapat berjalan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.