Sukses

Truk Listrik eCanter dari Mitsubishi Fuso Dilirik Pengunjung GIICOMVEC

eCanter ini dipersenjatai enam baterai. Ada dua baterai yang masing-masing terletak di sisi kanan dan kiri dan di tengah.

Liputan6.com, Jakarta PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso akhirnya memamerkan truk listrik di ajang GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC), di Jakarta Convention Center (JCC) pada Kamis (5/3).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, truk berwarna biru ini menarik banyak pengunjung di booth Mitsubishi Fuso. Bagaimana tidak, kendaraan niaga ini jelas ramah lingkungan.

Marketing Director Sales & Marketing Division KTB, Duljiatmono menjelaskan bahwa eCanter ini punya teknologi canggih. eCanter ini sepenuhnya beroperasi secara elektrik, tidak mengeluarkan gas buang, bebas kebisingan dan getaran, mengurangi efek negatif terhadap lingkungan secara signifikan.

"Kelebihan lain kendaraan ini bisa jalan hingga 100km jika full charge," katanya saat ditemui di Booth Mitsubishi Fuso, Jakarta.

Ya, eCanter ini dipamerkan setelah dua tahun lalu KTB memperkenalkan prototype-nya. kini KTB membawa serta eCanter yang telah disempurnakan, telah diproduksi secara massal, serta telah dipasarkan di Jepang, Amerika Serikat, serta beberapa Negara Eropa, yang diperuntukkan bagi konsumen fleet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Respon Pembeli

Dibanding kendaraan diesel konvensional, eCanter lebih sedikit hetaran, serta mengurangi beban fisik pada pengemudi. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan lingkungan kerja yang lebih baik.

Hal itu ternyata menarik para pengunjung. Direktur PT Dakota Logistik Indonesia, Fransiskus Deni Arijanto salah satunya.

"Saya ke booth ini karena truk listrik ini memang sangat menarik untuk masalah teknologi masa depan. Tentunya lebih efisien karena menggunakan bahan bakar listrik. Dan saya dari perusahaan angkutan barang memang mencari alternatif yang efisien," jelas Fransiskus saat diwawancarai tim Liputan6.com.

3 dari 4 halaman

Keunggulan eCanter

Selain ramah lingkungan, punya kemampuan melaju sampai 100km, Mitsubishi Fuso eCanter ini juga memiliki daya angkut dua sampai empat ton, dan rodanya dilengkapi dengan rem cakram.

Untuk pengisian daya eCanter ini dipersenjatai enam baterai. Ada dua baterai yang masing-masing terletak di sisi kanan dan kiri dan di tengah. Menariknya, eCanter ini bertenaga 184 ps.

Fitur canggih eCanter lainnya:

  • Metode pengisian daya feksible: AC sekitar 9 jam), DC pengisian daya cepat memakan waktu 1,5 jam
  • Regenerasi daya: mentransformasi gerakan roda untuk mengisi daya baterai E-motor dan gearbox bertenaga. Daya maksimum: 135Kw/184 PS, torsi maksimum 390 Nm/39.7 kgm
  • Kunci electronik, lebih aman dan nyaman
  • Fitur keselamatan: fitur bantuan pada saat di tanjakan, anti-lock braking system, electronic stability program agar kendaraan tetap stabil, serta sistem lane departure warning agar kendaraan tetap dalam jalur 
4 dari 4 halaman

Kapan Dijual di Indonesia?

Hingga saat ini pihak KTB belum memastikan kapan truk berteknologi canggihnya bakal dipasarkan di Tanah Air. Terkait hal tersebut, Duljiatmono menjelaskan bahwa pihaknya sebagai market leader siap memberikan solusi kebutuhan pasar.

"Jadi kami sudah punya (kendaraan niaga listrik), tinggal kapan pasar butuh, bagaimana regulasi dari pemerintah, dan infrastruktur seperti charging sebagai fasilitas sudah ada, maka kami akan siap," kata Duljiatmono.

Untuk diketahui, GIICOMVEC digelar selama tiga hari pada 5-8 Maret 2020 di Hall B JCC. Untuk menarik para pengunjung, booth Mitsubishi Fuso dibuat modern dan tak meninggalkan kesan elegan, namun tetap terlihat tangguh.

Benar saja, meski baru hari pertama, namun Booth Mitsubishi Fuso ramai dikunjungi para pengunjung yang juga user dari beberapa perusahaan di Tanah Air.

Beberapa diantaranya bahkan sempat menjajal bagian dalam kendaraan yang dipamerkan. Tak hanya untuk melihat interiornya saja, tapi juga merasakan kenyamanan dari fasilitas atau fitur yang ditawarkan di setiap produk. Selain eCanter, booth Mitsubishi Fuso juga memamerkan varian baru MDT, yaitu Fighter FN61FL HD (6x2).

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.