Sukses

Selain Mesin, Kabel Motor Wajib Dirawat Saat Musim Hujan

Saat musim huja seperti saat ini, pemilik motor biasanya hanya fokus untuk merawat bodi dan mesin

Liputan6.com, Jakarta - Saat musim hujan seperti saat ini, pemilik motor biasanya hanya fokus untuk merawat bodi dan mesin saja. Padahal, kabel sebagai salah satu komponen yang tidak kalah pentingnya juga harus dirawat.

Melansir laman resmi Federal Oil, merawat kabel memang cukup penting, terlebih jika motornya sudah injeksi. Pasalnya, suplai bensin ke injector sangat bergantung pada sistem kelistrikan.

Meskipun sistem perkabelan motor sudah anti air, namun tetap harus rutin melakukan pengecekan dan perawatan.

Kabel-kabel kabel yang umurnya sudah cukup tua berpotensi terjadi kerusakan. Caranya dengan mengecek kondisi selongsong kabelnya.

Kalau sudah berumur, pasti akan mengeras dan berisiko terjadi keretakan. Kalau sudah retak, listrik bisa bocor. Cobalah untuk menutup keretakan tersebut dengan menggunakan selotip kabel. Selain itu, jangan lupa untuk memantau soket sambungan kabel. Kalau keseringan terkena air, beresiko karat.

Langkah pencegahannya cukup menyemprotkan cairan penghilang karat yang bisa dibeli di toko-toko terdekat. Dan jika soket sudah terlihat menghitam alias gosong, langsung ganti baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengenal Kelebihan Rem Tangan Elektronik, Apa Saja?

Fitur-fitur pada mobil semakin lama semakin canggih. Salah satunya adalah rem tangan yang kini ditawarkan dalam versi lebih canggih.

Dikutip dari Wuling Indonesia, kebanyakan mobil-mobil jaman dulu dibekali rem tangan dengan tuas yang harus ditarik ke atas untuk mengaktifkannya. Kini, tuas rem tangan justru sudah mulai ditinggalkan.

Para pabrikan memilih untuk menggunakan rem tangan elektronik atau Electronic Parking Brake (EPB) sebagai gantinya.

Secara tampilan, EPB memang lebih modern dan simpel. Tak ada lagi tuas yang harus ditarik untuk mengaktifkan rem tangan, melainkan hanya menekan tombol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini