Keriuhan Jamnas ke-6 Axic hingga Peresmian Tujuh Cabang Baru

Oleh Liputan6.com pada 03 Mar 2020, 09:04 WIB
Diperbarui 03 Mar 2020, 09:04 WIB
Axic

Liputan6.com, Jakarta - AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC) menggelar Jambore Nasional ke-6 di Karawang, Jawa Barat, akhir pekan lalu (28/2-1/3). Kegiatan tahunan ini dihadiri oleh ratusan anggota.

Taufik Hidayatullah, Ketua Umum AXIC, menjelaskan jambore nasional (jamnas) merupakan kegiatan strategis dan bersifat wajib dengan durasi dua tahunan. Jamnas ke-6 ini juga menghasilkan beberapa keputusan penting, antara lain peresmian tujuh cabang baru.

Jamnas di awal tahun ini memiliki tema "Satu dalam Keberagaman" dan dihadiri Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamakhsyari serta beberapa mitra AXIC seperti Toyota Astra Motor, GT Radial, Daihatsu, Auto2000, Garda Oto, Ottoban, CARfix, dan sebagainya.

Jamnas ke-6 ini juga sangat meriah dengan kehadiran anggota dari seluruh cabang di Tanah Air. Misalnya cabang Batam, Riau, Minang, Lampung, Baturaja, Palembang, Jambi, dan Medan dari Pulau Sumatera. Kemudian cabang Surabaya, Situbondo, Cirebon, Semarang, Purwasuka, Pati, Lamongan, Kudus, Kediri, Yogyakarta, Jepara, Jember, Blitar, Gresik, Bojonegero, Bandung, Priangan Timur, Sukabumi, dan AE Raya di Pulau Jawa.

Selanjutnya Sidrap dari Pulau Sulawesi, Ambon di Maluku hingga Jayapura di Pulau Papua. Serta beberapa chapter dari kawasan Jabodetabek, seperti chapter MetroStar, Cleopatra, Karate, Halilintars, Merkurius, Pakubuwono, Pedang Oetara, dan Bostoner.

Maraknya peserta jamnas ke-6, kata Taufik, juga karena lokasi Kota Karawang yang berada di tengah-tengah Pulau Jawa sehingga cenderung lebih mudah dijangkau oleh para anggota AXIC.

"Total peserta sekitar 350 orang beserta keluarga yang turut memeriahkan Jamnas AXIC di Karawang," ujar Taufik di sela Jamnas ke-6 Karawang, kemarin.

2 dari 3 halaman

Ajang Paling Ditunggu

Menurut Taufik, Jamnas Karawang ditunggu-tunggu para anggota karena menjadi ajang kopi darat secara nasional.

Kopi darat terbesar ini diisi dengan berbagai kegiatan yang digelar selama dua hari itu. Sebut saja rapat anggota istimewa (RAI), workshop pembuatan konten video, car contest, dan hiburan serta game menarik.

Selain mata acara tersebut, para peserta Jamnas Karawang juga menyumbangkan tas daur ulang (reused) kepada perwakilan Masyarakat Karawang Anti-Plastik.

Ini bentuk tanggung jawab sosial AXIC untuk menggugah kesadaran publik tentang dampak sampah plastik bagi lingkungan. Gerakan lingkungan ini lanjutan dari gerakan serupa di Jakarta dan Semarang pada tahun lalu.

3 dari 3 halaman

Tujuh Cabang Baru Diresmikan

Axic
Tujuh cabang baru yang resmi mendapat ID sebagai cabang resmi AXIC adalah Lamongan, Situbondo, Pati, Baturaja, Binjai, Bukittingi, dan Ambon. (Merdeka.com)

Pria yang akrab disapa Opay ini menambahkan Jamnas Karawang juga menjadi saksi bisu peresmian tujuh cabang baru lewat Rapat Anggota Istimewa (RAI) AXIC 2020.

RAI adalah instrumen bagi para ketua (PIC) cabang dan chapter untuk membahas perkembangan terkini di komunitas mobil ini.

Tujuh cabang baru yang resmi mendapat ID sebagai cabang resmi AXIC adalah Lamongan, Situbondo, Pati, Baturaja, Binjai, Bukittingi, dan Ambon.

"Cabang Baturaja hasil pemekaran dari cabang Palembang dan Bukittinggi pemekaran Padang. Cabang-cabang baru ini sebenarnya sudah eksis di daerahnya masing-masing dengan segala aktivitasnya. Namun, baru disahkan secara resmi lewat RAI jamnas tahun ini," ucapnya.

Dengan 7 cabang baru tersebbut, maka AXIC total memiliki 70 cabang dan chapter yang tersebar di seluruh Tanah Air. Komunitas ini akan berulang tahun ke-16 pada April tahun ini. Per Februari, jumlah anggotanya berdasarkan ID lebih dari 6.000 ID. AXIC juga klub otomotif resmi karena memiliki keanggotaan IMI DKI Jakarta No 09-111.

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓