Jangan Gunakan Detergen buat Cuci Motor, Ini Alasannya

Oleh Dian Tami Kosasih pada 01 Mar 2020, 14:11 WIB
Diperbarui 01 Mar 2020, 14:11 WIB
Mau Cuci Motor Cepat Bersih? Coba Pakai Sabun Cuci Piring
Perbesar
Sumber: gilamotor.com

Liputan6.com, Jakarta Jalan basah akibat hujan membuat kendaraan lebih mudah kotor. Karena itu, polesan agar bodi motor terlihat bersih dan mengilap sering dilakukan sebelum atau sesudah kendaraan digunakan.

Meski demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan perawatan terhadap bodi motor. Berikut ulasannya seperti dilansir Honda Wahana.

1. Mencuci Motor

Rutin dilakukan, mencuci motor membuat kendaraan selalu tampil bersih dan terlihat lebih mengkilap, terlebih di musim hujan seperti saat ini.

2. Jangan Gunakan Detergen

Banyak anggapan kalau detergen dapat digunakan untuk mencuci motor. Meskipun bisa, warna cat motor akan gampang pudar apabila motor sering dicuci dengan menggunakan deterjen. Pakailah sampo motor yang memang diperuntukkan untuk mencuci motor.

3. Bersihkan Motor Secara Detail

Saat mencuci motor pemilik kendaraan biasanya akan membersihkan bodi dan part-part yang terlihat. Padahal mesin dan komponen metal lainnya juga bisa di buat mengilap.

Caranya mudah, gunakan sikat gigi bekas dan kuas untuk mencapai sudut - sudut sempit. Hindari penggunaan sikat kawat.

Gunakan juga sedikit bensin untuk menghilangkan bekas oli yang menempel. Ketika sudah bersih, berikan h wax.

2 dari 3 halaman

4. Cuci Setelah Terkena Hujan

Sebaiknya guyuran air hujan pada kendaraan tidak dibiarkan terlalu lama menempel. Sebisa mungkin air hujan harus disingkirkan. Hal itu dikarenakan zat garam dari hujan yang bersifat korosif akan membuat mesin berkarat dan cat motor menjadi kusam.

Selain itu, pemilik juga tak boleh langsung mengelap motor ketika masih basah karena hujan. Hal itu dikarenakan debu – debu yang menempel akan membuat permukaan bodi motor lecet.

5. Poles Motor Secara Berkala

Selain dicuci, cara mengkilapkan bodi motor ialah memolesnya secara rutin. Poles juga bagian kulit jeruk pada motormu, supaya kembali terlihat hitam seperti baru beli.

6. Parkir di Tempat Teduh

Setelah ke 5 cara diatas dilakukan, pemilik harus benar – benar selektif memilih tempat parkir. Apabila tak ada tempat teduh, sebaiknya berikan cover khusus motor.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓