Sukses

Tips Biar Cewek Cepat Lancar Nyetir, Jangan Belajar Sama Suami

Ada banyak alasan perempuan malas menyetir mobil, mulai dari capek sampai takut terjadi kecelakaan.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak alasan perempuan malas menyetir mobil, mulai dari capek sampai takut terjadi kecelakaan.

Belum lagi belajar mengemudi mobil juga tak semudah sepeda motor. Ada banyak bagian yang harus diingat dan jika lupa sebentar saja tabrakan bisa terjadi.

Tapi tenang, semua itu bisa diatasi dengan latihan yang benar. Bagaimana tips berlatih dan mengendari mobil untuk wanita?

Berikut ini adalah tips-tips cara mengemudi bagi perempuan dikutip dari Daihatsu :

Jangan berlajar dengan suami atau ayah

Pertama, lebih baik kamu mencari instruktur mengemudi yang andal, bukan belajar dari ayah, suami, atau kakak laki-laki. Keluarga atau orang dekat biasanya tidak sabaran dengan kelambanan kita dalam belajar.

Alhasil, kita sering melupakan hal-hal penting seperti memindahkan gigi atau salah menginjak rem pada mobil matik.

Sungguh bahaya, kan? Sebagai contoh, wanita yang belakangan ini menjadi viral karena menabrak ibu hamil di Palmerah, Jakarta Barat.

Saat itu, dia sedang belajar menyetir dan salah menginjak pedal sehingga menabrak ibu hamil hingga meninggal dunia.

Agar kejadian ini tak terulang, lebih baik kamu belajar dari seorang profesional dalam mengajar mengemudi. Para pengajar profesional paham bagaimana membuat kamu lihat menyetir tanpa cemas.

Sering Berlatih 

Kedua, jangan bermimpi bisa lancar mengemudi hanya karena sudah berlatih selama beberapa hari. Ingat, mengemudi ini soal pengalaman.

Untuk itu, kamu perlu mengasah keterampilan dengan berlatih sesering mungkin.

Dengan begitu, kamu bisa terbiasa memegang setir dan melakukan hal-hal yang sederahana. Misalnya, menyalip mobil, menghadapi tikungan atau menyeberang ke sisi lain jalan. Hal-hal ini tak mudah untuk dipelajari, lho

Perdalam Ilmu 

Ketiga, kamu harus lebih sering belajar dan mendalami pengetahuan tentang menyetir. Misalnya, memarkirkan mobil dari model tegak lurus, miring, atau paralel.

Ingat, menguasai soal parkir ini berarti kamu lulus jadi pengemudi handal.

Kata mereka yang belajar mengemudi, soal parkir ini jadi momen-momen paling menegangkan. Jika belajar menyetir hanya memerlukan beberapa hari, urusan parkir ini mungkin butuh waktu hingga berbulan-bulan.

Sebabnya tidak lain karena jenis parkir yang beragam, yang paling sulit adalah paralel. Jadi, minta instruktur untuk mengajari soal parkir paralel ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Trik Lainnya

Jangan Panik! 

Keempat, jangan panik. Kamu mungkin sudah mendengar isu bahwa mengemudi itu sangat berbahaya. Ya, ini memang benar, sih.

Tapi, kalau takut terus-menerus, yang ada kamu jadi cemas.

Makanya, cobalah santai saaat mengemudi, bahkan ketika melakukan sesuatu yang salah. Orang memang gugup saat pertama kali mengemudi.

Ambil napas dalam-dalam dan konsentrasi dengan langkah-langkah yang perlu dilakukan.

Fokus 

Kelima, tetaplah fokus. Memusatkan perhatian untuk menghilangkan kecemasan memang penting. Tapi, jangan lupa untuk memperhatikan sisi kanan, kiri, dan belakang.

Saat berada di jalanan kita tidaklah sendirian, ada pengguna jalan lain yang juga berada di sekitar mobil. Jangan coba-coba menelepon sembari mengemudi atau bahkan bercermin.

Sedikut saja mata berbelok dari spion, mobil yang kamu kendarai bisa saja tubrukan terjadi, baik dari arah belakang, samping bahkan depan.

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.