Keren, Motor Balap Listrik Ini Dikembangkan 40 Mahasiswa

Oleh Arief Aszhari pada 26 Feb 2020, 17:06 WIB
Diperbarui 26 Feb 2020, 17:06 WIB
Motor Balap Listrik Ini Dikembangkan oleh Mahasiswa (Motorcyclenews.com)

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan kendaraan listrik, baik mobil atau motor memang akan bergerak lebih cepat di masa depan. Tidak hanya pabrikan besar yang memulainya, tapi juga lembaga pendidikan yang turut ikut andil mengembangkan sebuah motor balap ramah lingkungan.

Melansir laman Motorcyclenews, universitas of Warwick, Inggris beberapa waktu lalu memperlihatkan sebuah motor balap listrik hasil pengembangan para mahasiswanya. Bahkan, roda dua ini juga akan mengikuti kompetisi internasional.

Motor balap listrik garapan mahasiswa ini, menggunakan basis Honda CBR1000RR Fireblade. Motor ini, memiliki spesifikasi untuk siap terjun di ajang balap motor listrik jalanan, Tourist Trophy (TT) Zero, dua tahun mendatang.

Model ini, dikembangkan oleh Warwick Moto Team yang berisikan 40 mahasiswa dari berbagai jurusan, seperti Warwick Manufacturing Group, ilmu komputer, fisika, matematika, dan teknik.

Selain itu, dalam pengembangannya, mereka juga menggandeng bengkel kustom besar di Asia, yaitu Rajputana Custom Motorcycles.

Sedangkan untuk modifikasi suspensinya, tim ini mempercayakan pada produsen suspensi khusus balap asal Italia, Mupo Race Suspension.

"Lebih dari sekadar teori dan prinsip, motor ini adalah soal pengalaman praktis dan mencari solusi yang nyata, tak hanya mengerjakannya di atas kertas," ujar Aman Surana, Manajer Warwick Moto Team.

2 dari 2 halaman

Bukan Mobil Mewah, Wali Kota Risma Pilih Motor Listrik untuk Blusukan

Wali kota Surabaya Tri Rismaharini memang terkenal sebagai pemimpin yang sering turun ke lapangan alias blusukan. Biasanya, pemimpin yang juga merupakan kader PDI Perjuangan ini mengontrol kegiatan atau membantu langsung ketika ada kerja bakti.

Dengan kegiatan yang cukup padat bagi seorang kepala daerah, wanita yang akrab disapa Risma ini ternyata tidak memilih mobil mewah sebagai kendaraan dinasnya. Perempuan yang terkenal tegas ini, lebih memilih motor listrik, yaitu merek U-Winfly.

Bahkan, ia memamerkannya seusai memberikan motivasi dalam acara Launching Program PAMA Exclusive Intership (Pexi) di ITS Surabaya. Kendaraan roda dua ramah lingkungan tersebut, digunakan saat keluar kampus untuk kembali ke kantornya.

Sebelum mengendarai kendaraan barunya itu, Wali Kota Risma bersiap-siap terlebih dulu. Ia memasang helm dan perlahan-lahan duduk di atas sepeda motor listriknya.

Tidak ketinggalan, sang ajudan pun diajak naik dan membonceng Wali Kota Risma. Selama perjalanan keluar Kampus ITS, Wali Kota Surabaya itu kerap melempar senyuman. Sesekali ia tertawa lepas kepada petugas dinas perhubungan (pishub) yang mendampinginya.Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Febriadhitya Prajatara mengatakan, kendaraan itu akan digunakan Wali Kota Risma untuk memantau kota.

“Kalau menggunakan motor pandangan bisa lebih luas, pergerakan juga cepat. Apalagi seandainya masuk ke perkampungan,” kata Febri, Selasa (25/2/2020).

Ia menjelaskan kendaraan listrik itu akan terus melekat saat Wali Kota Risma bertugas. Terlebih saat berada di luar ruangan, seperti kerja bakti pada akhir pekan.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Merasakan Toyota Rush Generasi Terbaru