Sukses

Meski Sepele, Kebiasaan Pemotor Ini Bisa Mengancam Nyawa

Setiap pengguna sepeda motor pasti memiliki kebiasaan saat berkendara. Salah satunya adalah menaruh dua jari pada tuas rem. Sadar atau tidak, kebiasaan tersebut rupanya cukup berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap pengguna sepeda motor pasti memiliki kebiasaan saat berkendara. Salah satunya adalah menaruh dua jari pada tuas rem. Sadar atau tidak, kebiasaan tersebut rupanya cukup berbahaya.

"Tanpa disadari, kesalahan-kesalahan tersebut dapat memicu ketidaknyamanan dalam berkendara bahkan keadaan paling buruknya adalah dapat menyebabkan kecelakaan," buka Ludhy Kusuma selaku Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora saat memberikan training safety riding kepada jurnalis di Bandung belum lama berselang.

Menurut Ludhy, paling sering kebiasaan yang dilakukan oleh pengendara sepeda motor adalah penggunaan dua jari yang standby di tuas rem depan dan belakang pada motor matic, dan di tuas rem depan dan tuas kopling pada motor sport atau cub.

Akibatnya pengereman menjadi tidak maksimal karena cengkraman jari kita terhadap tuas rem menjadi lebih lemah.

"Diwajibkan untuk menggunakan empat jari dalam melakukan pengereman, dikarenakan apabila kita menggunakan 4 jari tuas rem akan tercengkram lebih baik sehingga pengereman dapat lebih maksimal," ujar Ludhy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tuas Gas Tidak Tertutup

Contoh lainnya, ketika dalam kecepatan tinggi dan tiba-tiba ada sesuatu yang berbahaya di depan mata, jika menggunakan dua jari maka pemotor tidak sempat untuk menurunkan gas. Yang terjadi secara reflek pengendara akan langsung melakukan pengereman namun tuas gas belum tertutup secara sempurna sehingga dapat mengakibatkan ban depan terkunci dan membuat jatuh pada pengendara.

Dampak buruk lainnya, penggunaan dua jari dengan posisi stand by pada saat berkendara menyebabkan rasa pegal pada otot jari dan otot pergelangan tangan. Apabila pengendara berkendara dengan jarak jauh, hal tersebut dapat membuat otot kita menjadi tegang dikarenakan otot jari yang terus-terusan berkontraksi sehingga menyebabkan menjadi lelah dalam berkendara dan tidak nyaman saat berkendara.

3 dari 3 halaman

Mengerem Gunakan Dua Jari Saat...

Penggunaan dua jari ketika berkendara hanya dilakukan di ajang balap motor saja, sebab penggunaan rem tersebut bertujuan untuk mengurangi kecepatan motor saja tanpa mengurangi akselerasi dari motor tersebut. "Bila digunakan dalam kehidupan sehari-hari ketika sedang berkendara di jalan raya akan sangat berbahaya," imbuh Ludhy.

Penggunaan jari yang benar saat melakukan pengereman yaitu menggunakan empat jari sehingga dapat memaksimalkan proses pengereman. Selain itu penggunaan rem depan dan belakang harus digunakan untuk menjaga keseimbangan dalam melakukan pengereman.

Cengkraman empat jari tentu akan lebih kuat di bandingkan dengan menggunakan dua jari saja," kata Ludhy.

Karena itu biasakan tangan kita untuk selalu mengepal pada handle setang kemudi. "Hal tersebut akan membuat kita menjadi lebih nyaman dalam berkendara dan memudahkan kita untuk mengontrol laju kendaraan," tutupnya.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.